Analisis Multimodal Iklan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas Medan 2025 Di Media Sosial Instagram

Penulis

  • Liska Roada Nababan Nababan Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dairi Sapta Rindu Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Cindy Henike Berutu Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Santa Gracia Sihombing Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Surabina Br Barus Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.7591

Kata Kunci:

analisis multimodal, brosur PMB, linguistik sistemik fungsional, moda semiotik, media cetak

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang analisis multimodal pada brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Brosur sebagai media informasi cetak memiliki kekompleksitasan makna yang tidak hanya disampaikan melalui bahasa verbal, tetapi juga melalui unsur visual, tata letak, tipografi, dan simbol-simbol nonverbal lainnya. Kekayaan makna dalam brosur PMB menuntut adanya pendekatan analisis yang mampu mengungkap berbagai lapisan pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, analisis multimodal menjadi pendekatan yang relevan untuk memahami bagaimana makna dibentuk melalui kombinasi berbagai moda semiotik. Tulisan ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF) sebagai landasan teoretis. Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan teori multimodal oleh Anstey & Bull (2010) dan kerangka kerja analisis visual oleh Kress dan Van Leeuwen (1996–2006). Hasil analisis menunjukkan bahwa brosur PMB mengandung sistem semiotik multimodal yang mencakup unsur linguistik, visual, gestural (melalui ekspresi dan posisi tokoh), serta spasial (melalui penataan elemen dalam halaman). Temuan ini menunjukkan bahwa pemaknaan brosur PMB tidak dapat dilepaskan dari interaksi antar moda semiotik yang saling mendukung dalam menyampaikan pesan promosi dan ajakan kepada calon mahasiswa.

Referensi

Alfajri, Z. (2020). Pendekatan Multimodal dalam Wacana Iklan Televisi: Analisis Interaksi Visual dan Verbal. Universitas Negeri Padang.

Anstey, M., & Bull, G. (2010). Helping students to become multiliterate: An introduction to multimodal literacy. Curriculum Press.

Bezemer, J., & Kress, G. (2015). Multimodality, Learning and Communication: A Social Semiotic Frame. Routledge.

Chandler, D. (2007). Semiotics: The Basics (2nd ed.). Routledge.

Cheong, Y. Y. (2004). The construal of ideational meaning in print advertisements. In K. L. O’Halloran (Ed.), Multimodal discourse analysis (pp. 163–195). Continuum.

Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar (2nd ed.). Edward Arnold.

Hermawan, B. (2013). Analisis Wacana Multimodal: Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan Bahasa. Pustaka Jaya.

Iedema, R. (2003). Multimodality, resemiotization: Extending the analysis of discourse as multi-semiotic practice. Visual Communication, 2(1), 29–57.

Jewitt, C. (2013). Multimodal Methods for Researching Digital Technologies. In Price, S. et al. (Eds.), The SAGE Handbook of Digital Technology Research (pp. 250–265). SAGE.

Kress, G., & van Leeuwen, T. (1996). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design (2nd ed.). Routledge.

Kridalaksana, H. (1984). Kamus Linguistik. Gramedia.

Lim, F. V. (2021). Multimodal Literacy: Researching Classroom Practice. Routledge.

Saussure, F. de. (1959). Course in General Linguistics. Philosophical Library.

Serafini, F. (2020). Reading the Visual: An Introduction to Teaching Multimodal Literacy. Teachers College Press.

Simbolon, F. (2024). Multimodalitas dalam Iklan Objek Wisata Lokal Sumatera Utara. DEIKTIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 122–123. https://dmi-journals.org/deiktis/article/view/727/559

Tarigan, C. C., Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Simbolon, R., Harefa, B., Pandiangan, F., Aritonang, R., Imatupang, D. E., & Purba, R. (2024). Perspektif teori wacana van dijk dalam pidato perdana prabowo-gibran usai ditetapkan kpu jadi pemenang pilppres. Jurnal Bahastra, 9(1), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.9462

Sinar, T. S. (2012). Teori dan Analisis Wacana: Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. USU Press.

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (1993). Wacana. Angkasa.

Diterbitkan

2025-08-04

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Analisis Multimodal Iklan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas Medan 2025 Di Media Sosial Instagram. (2025). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 510-523. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.7591