Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbantuan Padlet Pada Siswa Kelas VII SMP Harapan 1 Medan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.6633

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Menulis Puisi, Padlet

Abstrak

Pembelajaran menulis puisi di kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan masih menghadapi berbagai kendala, seperti kesulitan dalam pemilihan diksi, menemukan ide, penggunaan majas, serta rendahnya rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbantuan Padlet guna meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Padlet membantu siswa dalam memperkaya diksi, meningkatkan kreativitas dalam menemukan ide, serta mendorong penggunaan majas yang lebih variatif. Selain itu, Padlet juga meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam menulis puisi. Dengan demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran menulis puisi terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta keterampilan menulis siswa.

 

Referensi

Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkakan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam AL Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia.

Baroroh , A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 269-286.

Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. 1-8.

England, S. (2017). Collaborate and motivate with Padlet. Accents Asia, 56-60.

McKnight, K. O. (2016). Teaching in a Digital Age: How Educators Use Technlogogy to Improve Student Learning. Journal of Research on Technology in Education, 194-211.

Paino, N. P., Surip, M., Dalimunthe, S. F., & Wuriyani, E. P. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Bot Telegram Pada Materi Cerita Pendek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 22-29.

Sartono, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 82-92.

Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 72-81.

Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan Nasional Penelitian dan Pengambdian Kepada Masyarakat. Seminar Nasional Peneliyian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Widianto, E., Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal Of Education and Teaching, 213-224.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofli, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Zhi, Q., & Su, M. (2015). Enhance Collaborative Learning by Visualizing Process of Knowledge Building with Padlet. Educational Innovation through Technology, 221-225.

Diterbitkan

2025-04-29

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbantuan Padlet Pada Siswa Kelas VII SMP Harapan 1 Medan. (2025). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 329-334. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.6633

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama