Peningkatan Kemampuan Menulis Drama Dengan Metode Buzz Group pada Siswa Kelas VIII Di SMPN Balaweling

Authors

  • Lorensia Sefitiana Lamahoda Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Rikardus Pande Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Pilipus Wai Lawet Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8191

Keywords:

kemampuan menulis, teks drama, metode Buzz Group

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuaan siswa dalam menulis naskah drama dengan metode Buzz Group pada siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling setelah mengikuti pembelajaran menulis dengan metode Buzz Group. Hasil ini dapat dilihat dari hasil tes menulis yang disertai pemahaman pada Prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus rata-ratanya sebesar 40,1pada siklus I rata-ratanya sebesar 51,25, dan pada siklus II rata-ratanya sebesar 82,5. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis menggunakan metode Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling ini telah berhasil. Perubahan sikap siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling juga mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Perubahan tersebut seperti siswa yang semula kurang aktif, dan kurang siap dalam mengikuti pelajaran menjadi aktif dan siap serta bersemangat dalam proses pembelajaran

References

Anjani, D. (2018). Penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema kebersamaan dalam keberagaman.

Annury, M. N. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui penelitian tindakan kelas.

Nasution, Z. (2022). Selayang Pandang Ilmu Pendidikan. Penerbit NEM.

Rambe, L., (2024). Peran Kementrian Agama Dalam Pembangunan Pendidikan Di Kabupaten Mandailing Natal. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 344-350.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran.

Syaadah, R. (2022). Pendidikan formal, Pendidikan non formal Dan Pendidikan informal

Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Deepublish.

Downloads

Published

2025-10-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Menulis Drama Dengan Metode Buzz Group pada Siswa Kelas VIII Di SMPN Balaweling. (2025). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 574-582. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8191

Most read articles by the same author(s)