Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Upacara Adat Berauk Desa Karawatung Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8183Keywords:
Nilai-nilai Kearifan Lokal, Upacara Adat, BeraukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atau menganalisis nilai–nilai Kearifan dalam Tradisi Upacara Adat Berauk Desa Karawatung Kecamatan Solor Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan etnogerafi. Upacara Adat Berauk menjadi bagian penting masyarakat Karawatung.Tradisi Upacara Adat Berauk sebagai warisan budaya nenek moyang terdahulu yang masih dilestarikan hingga saat ini. Berdasarkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal upacara adat berauk meliputi beberapa Nilai-nilai Kearifan Lokal yaitu: Religius, Gotong Royong, Sosial, Kekeluargaan, Kebersamaan, dan Kesenian
References
Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82.
Duryati, D., & Pratama, M. (2020). Pelatihan Metode Silabtik untuk Meningkatkan Self Efficacy Pada Guru Sekolah Dasar di Kenagarian Koto Bangun Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota. Jurnal Suluah Komunitas, 1(1), 8- 11.
Lukitoaji, B. D. (2019). Bahan ajar pendidikan nilai.
Mitria, S., & Nova, S. (2024). Manajemen Pariwisata. Manajemen Pariwisata, 78.
Nasri, U., & Tabibuddin, M. (2023). Paradigma moderasi beragama: Revitalisasi fungsi pendidikan Islam dalam konteks multikultural perspektif pemikiran Imam al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1959-1966.
Ranjabar, J. (2006). Sistem sosial budaya Indonesia: Suatu pengantar. (No Title).
Sidiq, S., Sudji, M., Rihab, W. D., Yayan Adrianova, E. T., Muhammad, N., & Shilmi, A. (2022). The influence of internship experience and work motivation on work readiness in vocational students: PLS-SEM analysis. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE).
Soekanto, S. (2012). Sosiologi: suatu pengantar.
Sudarto, S. (2021). Peningkatan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah dengan media tradisi sedekah laut Cilacap.
Sudrajat, D., Kardaya, D., Dihansih, E., & SFS, P. (2014). Performa produksi telur burung puyuh yang diberi ransum mengandung kromium organik. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner.
Triwahyuningsih, T., Zuliyah, S., Abdi, N. S., & Arif, D. B. (2023). Penguatan Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta: Kajian Perdais DIY No. 3 Tahun 2017 Tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Kebudayaan. Jurnal Civic Hukum, 8(1).
Ummah, A. C., Bahrudin, M., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi halal dan kesadaran halal pada minat beli produk makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1113-1119.
Wahya, W., Permadi, R. Y., & Ampera, T. (2023). DIMENSI SINTAKSIS PENGGUNAAN VOKATIF NAMA DIRI DALAM NOVEL BERBAHASA SUNDA BÉNTANG HARIRING. Journal of Linguistic Phenomena, 2(1), 22-29.
Yulianti, L. N. (2022). Pengaruh sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan pemahaman insentif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM pada masa pandemi COVID-19. Manajemen, 2(1), 46-53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marina Imelda Bunga Sogen, Pilipus Wai Lawet, Vinsensius Crispinus Lemba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




