Visual Identity Produk Susu Murni Tunas Baru Farm Padang Panjang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6193

Keywords:

Visual Identity, Desain, Logo, Brand, Tunas Baru Milk

Abstract

Visual identity adalah sebuah identitas yang berkaitan dengan image  atau citra suatu perusahaan. Visual identity sebagai upaya dalam strategi promosi yang sesuai dengan target market dan solusi promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk perancangan identitas visual Tunas Baru Milk dengan menciptakan identitas visual berupa logo yang sesuai dengan prinsip desain sehingga dapat lebih dikenal masyarakat dan dapat bersaing dengan kompetitor. Metode penelitian adalah metode perancangan untuk merancang visual identity produk Susu Murni Tunas Baru Farm dengan metode Glass Box.  Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap: Persiapan, Inkubasi, Iluminasi dan Verifikasi. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis adalah analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Hasil penelitian diperoleh Uji Validasi terhadap desain Logo yang dihasilkan terdiri dari 3 desain.  Logo 1 dengan nilai 3,01, Logo 2 dengan nilai 3,35 dan Logo 3 dengan nilai 3,29. Sehingga Logo 2 menjadi alternatif pilihan desain final sebagai identitas visual utamaTunas Baru Milk yang diterapkan sesuai dengan grid system

References

A. R. Sabila, R. A. Siswanto, dan O. A. Supriadi, “Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Kampanye Sosial Computer Vision Syndrome Untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Kesehatan Mata Ditengah Pandemi Covid-19,” e-Proceeding of Art & Design, vol. 9, no. 3, 2022.

Wisnom, David, & Perry, Alicia. (2004). Before the Brand: Creating the Unique DNA of an Enduring Brand. New York: McGraw-Hill.

S. Rustan, Logo 2021, 1 ed. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.

Heldi, H., Dwi, M. S., Hendra, A., Yofita, S., & Azis, A. C. K. (2024). UNP SIGAP Logo Design as an Earthquake and Tsunami Disaster. Journal of Community Research and Service, vol 8, no. 1, 2024.

Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson, 2013.

Hadi Sowerdanto. (2015). Metode Kotak Kaca: Pendekatan Rasional dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta: Penerbit Ilmu Terapan.

Marta, W. (2021). Redesain Logo Pada Produk Kopi Sago

Downloads

Published

2025-03-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Visual Identity Produk Susu Murni Tunas Baru Farm Padang Panjang. (2025). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 134-141. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6193