Peningkatan Kemampuan Menulis Poster dengan Model ‘Resik’ Bermedia ‘Gadis’ Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Mataram 2008/2009

Authors

  • Bambang Youiswanto Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v5i1.2727

Keywords:

slogan, poster, model resik, media gadis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, penilaian sikap,  aktivitas guru dan siswa, dan respon siswa pada pembelajaran menulis poster menggunakan Resik bermedia ‘Gadis’. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), meliputi rencana tindakan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan melalui dua siklus. Jenis data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari guru dan siswa. Hasil analisis setiap siklus, hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 28 atau  70% sedangkan siklus II sebanyak 36 atau 90%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 82 sedangkan siklus II adalah 86. Hasil penilaian sikap, siswa yang tuntas siklus I sebanyak 18 atau 45% sedangkan siklus II sebanyak 30 atau 75%. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 74 sedangkan siklus II adalah 79. Siswa yang dinyatakan tuntas atau memperoleh predikat  A dan B atau kualifikasi sangat baik dan baik pada siklus I berjumlah 18 atau 45% sedangkan siklus II berjumlah 30 atau 75%. Hasil observasi aktivitas guru positif muncul pada siklus I sebanyak 15 atau 94,5% sedangkan siklus II 18 atau 100%. Hasil observasi aktivitas siswa yang positif siklus I sebanyak 8 atau 73,4% sedangkan siklus II sebanyak 10 atau 100%, Hasil respon siswa yang positif pada siklus I sebanyak 4 atau 50% sedangkan siklus II sebanyak 8 atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis poster menggunakan model ‘Resik’ bermedia ‘Gadis’ pada siswa kelas VIIID  SMP Negeri 2 Mataram 2008/2009 berjalan dengan baik

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Menulis Poster dengan Model ‘Resik’ Bermedia ‘Gadis’ Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Mataram 2008/2009. (2023). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.29303/kopula.v5i1.2727