Analisis Multimodal Iklan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas Medan 2025 Di Media Sosial Instagram
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.7591Published:
2025-08-04Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
analisis multimodal, brosur PMB, linguistik sistemik fungsional, moda semiotik, media cetakArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tulisan ini membahas tentang analisis multimodal pada brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Brosur sebagai media informasi cetak memiliki kekompleksitasan makna yang tidak hanya disampaikan melalui bahasa verbal, tetapi juga melalui unsur visual, tata letak, tipografi, dan simbol-simbol nonverbal lainnya. Kekayaan makna dalam brosur PMB menuntut adanya pendekatan analisis yang mampu mengungkap berbagai lapisan pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, analisis multimodal menjadi pendekatan yang relevan untuk memahami bagaimana makna dibentuk melalui kombinasi berbagai moda semiotik. Tulisan ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF) sebagai landasan teoretis. Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan teori multimodal oleh Anstey & Bull (2010) dan kerangka kerja analisis visual oleh Kress dan Van Leeuwen (1996–2006). Hasil analisis menunjukkan bahwa brosur PMB mengandung sistem semiotik multimodal yang mencakup unsur linguistik, visual, gestural (melalui ekspresi dan posisi tokoh), serta spasial (melalui penataan elemen dalam halaman). Temuan ini menunjukkan bahwa pemaknaan brosur PMB tidak dapat dilepaskan dari interaksi antar moda semiotik yang saling mendukung dalam menyampaikan pesan promosi dan ajakan kepada calon mahasiswa.References
Alfajri, Z. (2020). Pendekatan Multimodal dalam Wacana Iklan Televisi: Analisis Interaksi Visual dan Verbal. Universitas Negeri Padang.
Anstey, M., & Bull, G. (2010). Helping students to become multiliterate: An introduction to multimodal literacy. Curriculum Press.
Bezemer, J., & Kress, G. (2015). Multimodality, Learning and Communication: A Social Semiotic Frame. Routledge.
Chandler, D. (2007). Semiotics: The Basics (2nd ed.). Routledge.
Cheong, Y. Y. (2004). The construal of ideational meaning in print advertisements. In K. L. O’Halloran (Ed.), Multimodal discourse analysis (pp. 163–195). Continuum.
Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar (2nd ed.). Edward Arnold.
Hermawan, B. (2013). Analisis Wacana Multimodal: Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan Bahasa. Pustaka Jaya.
Iedema, R. (2003). Multimodality, resemiotization: Extending the analysis of discourse as multi-semiotic practice. Visual Communication, 2(1), 29–57.
Jewitt, C. (2013). Multimodal Methods for Researching Digital Technologies. In Price, S. et al. (Eds.), The SAGE Handbook of Digital Technology Research (pp. 250–265). SAGE.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (1996). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design (2nd ed.). Routledge.
Kridalaksana, H. (1984). Kamus Linguistik. Gramedia.
Lim, F. V. (2021). Multimodal Literacy: Researching Classroom Practice. Routledge.
Saussure, F. de. (1959). Course in General Linguistics. Philosophical Library.
Serafini, F. (2020). Reading the Visual: An Introduction to Teaching Multimodal Literacy. Teachers College Press.
Simbolon, F. (2024). Multimodalitas dalam Iklan Objek Wisata Lokal Sumatera Utara. DEIKTIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 122–123. https://dmi-journals.org/deiktis/article/view/727/559
Tarigan, C. C., Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Simbolon, R., Harefa, B., Pandiangan, F., Aritonang, R., Imatupang, D. E., & Purba, R. (2024). Perspektif teori wacana van dijk dalam pidato perdana prabowo-gibran usai ditetapkan kpu jadi pemenang pilppres. Jurnal Bahastra, 9(1), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.9462
Sinar, T. S. (2012). Teori dan Analisis Wacana: Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. USU Press.
Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (1993). Wacana. Angkasa.
Author Biographies
Liska Roada Nababan Nababan, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Cindy Henike Berutu, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Santa Gracia Sihombing, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Surabina Br Barus, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
License
Copyright (c) 2025 Liska Roada Nababan Nababan, Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Cindy Henike Berutu, Santa Gracia Sihombing, Surabina Br Barus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).