Antropologi Sastra: Wujud Kebudayaan dalam Naskah Drama Perahu Retak Karya Emha Ainun Nadjib
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.6839Published:
2025-06-02Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
budaya Jawa, budaya Islam, drama, Emha Ainun Nadjib, antropologi sastraArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wujud kebudayaan Jawa dan Islam dalam naskah drama Perahu Retak karya Emha Ainun Nadjib dengan menggunakan pendekatan antropologi sastra. Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah bagaimana sistem nilai dan keyakinan yang dianut oleh masyarakat Mataram sebagai representasi budaya Jawa berhadapan dengan nilai-nilai Islam yang diperjuangkan oleh tokoh Syekh Jangkung dan para santrinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka. Data berupa kutipan-kutipan dari naskah drama yang mencerminkan ideologi, pola tindakan sosial, serta simbol-simbol material dari kedua kebudayaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Jawa dalam naskah ini dicirikan oleh kekuasaan absolut, legitimasi ilahiah, struktur sosial hierarkis, dan kekerasan simbolik maupun fisik. Sebaliknya, budaya Islam hadir sebagai tandingan dengan menekankan nilai tauhid murni, keadilan sosial, kesetaraan, cinta kasih, serta dakwah yang damai. Wujud kebudayaan kedua sistem ini tercermin dalam nilai-nilai, aktivitas sosial, dan benda-benda simbolik yang digunakan para tokohnya. Dengan demikian, Perahu Retak dapat dibaca sebagai narasi pergulatan ideologis antara dua sistem kebudayaan yang saling bertentangan namun saling memengaruhi dalam konteks sejarah dan kemasyarakatan Jawa. Kata kunci: budaya Jawa, budaya Islam, drama, Emha Ainun Nadjib, antropologi sastraReferences
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Penerbit Graniti.
Anwar, F., & Syam, A. (2019). Kritik Sosial dalam naskah drama alangkah lucunya negeri ini karya Deddy Mizwar. Jurnal bahasa dan sastra, 4(1), 105–121.
Azzahra, W. & Washadi. (2023). Nilai Moral dalam Film Wedding Agreement The Series Episode 1-5 Karya Sutradara Archie Hekagery: Kajian Sosiologi Sastra. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 248–263.
Isbandiyah. (2016). Nilai-Nilai Religius dalam Drama Perahu Retak karya Emha Ainun Nadjib. Universitas Jember Repository.
Mustaghfiroh, S., & Safe’I, B. (2021). Nilai Lokal Budaya Jawa dan Islam dalam Tinjauan Multikulturalisme. Culture & Society: Journal of Anthropological Research, 2(4), 179–188.
Prasasti, B. W. D., & Anggraini, P. (2020). Nilai-Nilai Budaya Minangkabau Dalam Naskah Drama Dr. Anda Karya Wisran Hadi. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 79–88.
Ratna, K., & Nyoman, I. (2016). Antropologi Sastra: Perkenalan Awal (Anthropology Literature: an Early Introduction). Metasastra, 4(2), 150-159.
Ratna, N. K. (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Pustaka Pelajar.
Rahayu, L. M., Priyatna, A., Ilmu, F., & Unpad, B. (2019). Resistensi pada Rezim Represif: Telaah atau Opera Kecoa Karya Riantiarno dan Perahu Retak Karya Emha Ainun Najib. Lensa Kajian Kebahasaan Kesusastraan dan Budaya, 9(2), 120–136.
Roosinda, dkk. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Zahir Publishing
Salsabila, G. A., Maulidania, R., & Astriani, A., S. (2023). Kajian Struktural Sastra Pada Cerpen Dua Orang Sahabat Karya A.A Navis. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 181–189.
Septiani, R. A. D., Widjojoko., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Minat Membaca. JURNAL PERSEDA, 5(2), 130–137.
Solihin, A., & Al-Farisi, M. A. (2025). Integrasi Nilai Pendidikan Islam dengan Budaya Jawa dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 10(1), 133–155.
Wicaksono, A. J., Arifin, M. Z., Asyafi, F. I., & Rachmawati, N. N. (2022). Wujud Kebudayaan dalam Naskah Drama Mangir Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Digdaya, 1(1), 23–28.
Widyastuti, S. H. (2023). Studi Islam dalam Kawasan Sastra Jawa. Kejawen, 2(1), 45–60.
Author Biographies
Dina Tresnawati, Universitas Siliwangi
Mela Permatasari , Universitas Siliwangi
Tiara Meidiani Putri, Universitas Siliwangi
Siti Zahra Solihat, Universitas Siliwangi
Nisfi Alfitriani, Universitas Siliwangi
Muhammad Ilham Kholik Siswadi, Universitas Siliwangi
Adita Widara Putra, Universitas Siliwangi
License
Copyright (c) 2025 Dina Tresnawati, Mela Permatasari , Tiara Meidiani Putri, Siti Zahra Solihat, Nisfi Alfitriani, Muhammad Ilham Kholik Siswadi, Adita Widara Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).