NILAI-NILAI KESANTUNAN BERBAHASA TUTURAN DALANG KI ANOM SUROTO PADA JEJERAN LAKON PARTO KRAMA: KE ARAH PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

Edi Sunarko , Mahyuni Mahyuni , Sudirman Willian

DOI:

10.29303/kopula.v1i1.2563

Published:

2019-03-28

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2019): Maret

Keywords:

nilai-nilai, kesantunan berbahasa, Dalang, Pendidikan Karakter

Articles

Downloads

How to Cite

Sunarko, E., Mahyuni, M., & Willian, S. (2019). NILAI-NILAI KESANTUNAN BERBAHASA TUTURAN DALANG KI ANOM SUROTO PADA JEJERAN LAKON PARTO KRAMA: KE ARAH PENDIDIKAN KARAKTER. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2563

Abstract

Penelitian bermaksud menjelaskan nilai kesantuan berbahasa pada tuturan Dalang Ki AnomSuroto pada jejeran lakon Parto Krama. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan dataadalah metode observasi, sedangkan analisis data menggunakan prinsip-prinsip dalampenelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa khas DalangKi Anom Suroto pada jejeran Lakon Parto Krama analog dengan kondisi sosial suatumasyarakat terutama yang berkenaan dengan pembentukan karakter. Kemampuan seseorangdalam berbahasa Jawa ragam krama dan krama inggil berkaitan erat dengan kesantunanberbahasa, budi pekerti, kehalusan rasa, dan tata krama dalam pergaulan sehari-hari. BahasaDalang Ki Anom Suroto pada jejeran Lakon Parto Krama memperlihatkan adanyakesantunan pragmatik imperatif perintah, kesantunan pragmatik imperatif permintaan,kesantunan pragmatik imperatif bujukan, kesantunan pragmatik imperatif perrmintaan izin,kesantunan pragmatik imperatif persilaan, dan kesantunan pragmatik imperatif larangan

References

Kridalaksana, Harimurti, dkk. 2001. Wiwara Pengantar Bahasa dan Kebudayaan Jawa.
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan strategi, metode, dan tekniknya).
Jakarta:PT. Raja Grafindo
Mardana, I Wayan. 2009. Retorika Ragam Tutur Dalang Nardayana, Pertunjukan Wayang
Kulit Cenk Blonk (Kajian pada Lakon Kumbakarna Lina)
19
Muhammad. 2011. Paradigma Kualitatif Penelitian Bahasa. Yogjakarta : Liebe Book Press
Murcahyanto, Hary. 2008. Penggunaan Bahasa Kedhaton Dalam Lingkup Keraton Surakarta
Hadiningrat, Tesis. Surakarta :Universitas Sebelas Maret
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.
Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2007. Kesantunan Bahasa : Sebuah Kajian Sosiolinguistik. Artikel/
Makalah Malang : Universitas Negeri Malang muslichm.blogspot.com/2007/04/
kesantunan-berbahasa.diakses kembali 23 Juli 2012
Pairin,Udjang. 2008. Bahasa Pedalangan Wayang Kulit Purwa di Jawa Timur: Kajian aspek
Sosiolinguistik, Nilai Didaktis Filosofis, dan Konstelasi Cerita Pengarang.
Disertasi. Universitas Negeri Surabaya
Rahardi, R. Kunjana. 2010. Pragmatik Kesantuan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial
Humaniora Pada Umumnya. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Rohmadi, Mohammad dan Lili Hartono. 2011. Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa:
Teori dan Pembelajarannya. Surakarta : Pelangi Press.
Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University
Press
Sumanto. 2003. Seni dalam Berbagai Wacana. Surakarta: Program Pascasarjana Sekolah
Tinggi Seni Indonesia (STSI).

Author Biography

Edi Sunarko, a:1:{s:5:"en_US";s:20:"Univerisitas Mataram";}

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.