JPM VOL.3 NO 3 SEPT PENGARUH CONSUMER KNOWLEDGE & PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI KOTA MATARAM

Penulis

  • intan sandian
  • rusminah hs FEB UNRAM

Kata Kunci:

Consumer Knowledge, Perceived Quality, Keputusan Menggunakan Bank Syariah., Consumer Knowledge, Perceived Quality, Consumer Decision of Use Islamic Banks

Abstrak

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer knowledge & perceived quality terhadap keputusan menggunakan bank syariah di Kota Mataram. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi semua orang yang menggunakan bank syariah di Kota Matram, adapun jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan karakteristik orang islam dan berusia minimal 17 tahun, teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya, data kuisioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah dengan software SPSS sehingga menghasilkan persamaan regresi linier beranda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa consumer knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan bank syariah di Kota Mataram dengan nilai t hitung > t tabel (4.120 > 1.985) dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Artinya apabila consumer knowledge di Kota Mataram semakin tinggi maka keputusan konsumen untuk menggunakan bank syariah akan semakin meningkat. Selanjutnya variabel perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan bank syariah di Kota Mataram dengan nilai t hitung > t tabel (8.994 > 1.985) dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Artinya jika perceived quality semakin tinggi maka keputusan konsumen untuk menggunakan bank syariah di Kota Mataram juga akan mengalami peningkatan. Sedangkan nilai koefisien determinasi mendapatkan nilai sebesar 0.743 atau 74% yang berarti bahwa variabel consumer knowledge & perceived quality mampu menjelaskan variabel keputusan menggunakan sebesar 74% sedangkan sisanya 26% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat pada penelitian ini.Implikasi penelitan ini memberikan warning signal bahwa bank syariah harus mampu meningkatkan pengetahuan konsumen dan persepsi kualitas konsumen untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Implikasi penting lainnya adalah mengarah pada perlunya sosialisasi yang lebih gencar tentang bank syariah agar terjadi peningkatan consumer knowledge & perceived qualitytentang produk-produk serta sistem yang di terapkan didalam perbankan syariah.Kata Kunci: Consumer Knowledge, Perceived Quality, Keputusan Menggunakan Bank Syariah.ABSTRACTThe purpose of the research was to determine and analyze the influence of consumer knowledge and perceived quality on consumer decisions through the Islamic banks in Mataram City. This type of the research is quantitative with the associative clause method with a population of all people wh o use Islamic banks in Mataram City. In taking the sampel, non-probability sampling used with purposive sampling technique. The sampel size was search by the Slovin formula and obtained a total of 100 people. The data collection technique of this research was done by using a questionnaire with online survey. In analyzing research instrument test showed valid and reliabel data. The result of the t-test indicate that the consumer knowledge has a significant effect on purchasing decision on used Islamic banks in Mataram City with value of t-count > t- tabel (4.120 > 1.985) and a significant value of 0.00 < 0.05. This means that if the consumer knowledge in Mataram City is higher, then consumer decision to use Islamic banks in Mataram City will also increase. Furthermore, the perceived value has a significant effect on purchasing decision on used Islamic banks in Mataram City with value of t-count > t- tabel (8.994 > 1.985) and a significant value of 0.00 < 0.05. This means that if the perceived quality in Mataram City is higher, then consumer decision to use Islamic banks in Mataram City will also increase. While the coefficient of determination gets a value of 0.743 or 74% which means that the consumer knowledge and perceived value variables are abel to explain the consumer decision variables of 74% while the remaining 26% is explained by variables not included in this research.Keyword: Consumer Knowledge, Perceived Quality, Consumer Decision of Use Islamic Banks

Diterbitkan

2024-09-02