JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH KEPERCAYAAN, PROMOSI DAN USABILITY VALUE TERHADAP MINAT BELI PRODUK BLACK GARLIC KHAS SEMBALUN PADA PUSAT OLEH-OLEH MALSYE
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v3i2.4789Kata Kunci:
Kepercayaan, Promosi, Usability Value, Black Garlic, Trust, Promotion, Usability Value, Black GarlicAbstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, promosi dan usability valueterhadap minat beli produk black garlic khas sembalun pada pusat oleh oleh Malsye. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan asosiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai kepercayaan dari analisis deskriptif sebesar 4,18, hasil ststistik uji-t untuk variabel kepercayaan, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,550 dengan tingkat signifikansi 0,013 dan nilai regresi bernilai positif sebesar 0,138. Promosi memiliki rata-rata nilai sebesar 4,19 dan berada pada kategori Baik. Berdasarkan hasil statistik uji t untuk variabel Promosi, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,644 dengan tingkat signifikansi 0,010 dan nilai regresi bernilai positif sebesar 0,051. Dikarenakan nilai sig < 0,05. hasil statistik uji t untuk variabel Usability Value, diperoleh nilai t hitung sebesar 6,588 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan nilai regresi bernilai positif sebesar 0,322. Dikarenakan nilai sig < 0,05.sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, promosi dan Usability Value berpengaruh positif dan signifikanterhadap Minat Beli di Pusat Oleh-Oleh MalsyeKata Kunci : Kepercayaan, Promosi, Usability Value, Black GarlicABSTRACT The objective of this study is to examine the impact of trust, promotion, and usability value on the purchase interest of Sembalun’s unique black garlic products at Malsye’s Souvenir Center. The research employed a quantitative approach with an associative method, utilizing data collection through interviews and observations. Data processing results reveal that trust, promotion, and usability value have a positive and significant influence on purchase interest at Malsye’s. The average trust value, as per descriptive analysis, is 4.18. The t-test statistic for the trust variable yields a t-value of 2.550 with a significance level of 0.013, and the regression value is positively 0.138. Promotion, with an average value of 4.19, falls into the ‘Good’ category. The t-test for the Promotion variable produces a t-value of 2.644 with a significance level of 0.010, and the regression value is positively 0.051. Since the significance value is less than 0.05, the t-test for the Usability Value variable shows a t-value of 6.588 with a significance level of 0.000, and the regression value is positively 0.322. As the significance value is less than 0.05, the research findings indicate that trust, promotion, and usability value exert a positive and significant impact on purchase interest at Malsye’s Souvenir Center.Keywords: Trust, Promotion, Usability Value, Black GarlicUnduhan
Diterbitkan
2024-05-31
Terbitan
Bagian
Articles