Vol 2 No.3 Sept PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH di KOTA MATARAM

PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH di KOTA MATARAM

Penulis

  • dicky haswanda FEB UNRAM
  • muhammad ilhamudin FEB UNRAM
  • rahman dayani FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v2i3.3279

Kata Kunci:

Brand Ambassador , Brand Image , Keputusan Pembelian, Brand Ambassador, Brand Image , purchasing decision

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap keputusan Pembelian Wardah Di Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan Wardah Di Kota Mataram. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 65 orang, dan metode survei yang digunakan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan survei online yang disebarkan melalui Google Forms dengan pernyataan atau pertanyaan tentang brand ambassador, brand image dan keputusan pembelian. Alat analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis berupa uji-t dan uji-f dengan menggunakan program SPSS 29 for windows. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa brand ambassador (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), nilai t hitung > t tabel (3,071>1,9983), dan tingkat signifikansi 0,003 lebih kecil dari tingkat signifikansi standar 0,050. Citra merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), thitung > ttabel (3,307 > 1,9989), dengan tingkat signifikansi 0,002 lebih kecil dari tingkat signifikansi standar 0,050. ABSTRACT This research was conducted to examine the influence of Brand Ambassador and Brand Image on Wardah Purchasing Decisions in the City of Mataram. This type of research is associative with a quantitative approach. The population in this study are all consumers who use Wardah in the city of Mataram. The sample size used in this study was 65 people, and the survey method used. The techniques used in data collection are observation, questionnaires and online surveys which are distributed via Google Forms with statements or questions about brand ambassadors, brand image and purchasing decisions. The data analysis tool used is hypothesis testing in the form of a t-test and f-test using the SPSS 29 for windows program. The results of the t test analysis show that brand ambassadors (X1) have a positive and significant effect on purchasing decisions (Y), t count > t table (3.071> 1.9983), and a significance level of 0.003 is smaller than the standard significance level of 0.050. Brand image (X2) has a positive and significant effect on purchasing decisions (Y), tcount > ttable (3.307 > 1.9989), with a significance level of 0.002 which is less than the standard significance level of 0.050.

Diterbitkan

2023-09-01