1. JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH ETNIK PRODUK DAN PROMOSI KEARIFAN LOKAL BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK NOKEN OLEH MASYARKAT KABUPATEN YAHUKIMO PROVINSI PAPUA
The Influence of Product Ethnicity and Promotions on the Local Cultural Wisdom Towards the Purchase Decision of Noken Products by the Community in Yahukimo Regency, Papua Province.
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v3i1.4014Keywords:
Etnik Produk Dan Promosi Kearifan Lokal Budaya Terhadap Kepuusan Membeli, product ethnicity and promotion of cultural local wisdom towards buying noken products by the people of yahukimo district,papua provinceAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Etnik Produk,Dan Promosi, Kearifan Lokal Budaya, terhadap Keputusan Membeli Produk Noken Oleh Masyarakat Yahukimo Provinsi Papua.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli produk noken di Jln Heluk Alloma Kota Dekai. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan teknik pengambilan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis uji regresi linear berganda. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Etnik Produk,Dan Promosi, Kearifan Lokal Budaya, terhadap Keputusan Membeli Produk Noken Oleh Masyarakat Yahukimo Provinsi Papua. Selanjunya ada variabel Pengaruh Etnik Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk noken oleh Masyarakat Yahukimo. Dan yang terakhir ada variabel Promosi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ProdukNoken Oleh Masyarakat Kabupaten Yahukimo. Pengembangan ekonomi kreatif dan dorongan memberdayakan perempuan masyarakat Yahukimo menjadi yang mana diharapkan dapat usaha pengrajin penjualan Noken dengan fokus kesuksesan pemberdayaan perempuan Yahukimo. yaitu diawali dengan penyadaran, pelatihan hingga pengambangan, dimulai dari pembimbingan pengrajin dan secara perlahan melepas pengrajin agar mandiri dari sisi keahlian mengelola maupun ekonominya ABSTRACthe influence of ethnic products and the promotion of local cultural wisdom on the decision to buy noken products by the people of Yahukimo district, Papua provinceThe population in this study were all consumers who had purchased at products Noken. The number of samples in this study amounted to 100 respondents and the sampling technique used non-probability sampling with purposive sampling method. The analysis used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that product ethnicity has a positive effect on the decision to buy noken products.then there is a promotion variable that has a positive and significant effect on the decision to buy a noken product .And finally there is the Promotion variable, which has a positive and significant effect on the Decision to Purchase Noken Products by the People of Yahukimo Regency. Development of a creative economy and encouragement to empower women in the Yahukimo community which is expected to be a Noken sales craftsman business with a focus on the success of Yahukimo women's empowerment. namely starting with awareness, training to development, starting with mentoring craftsmen and slowly releasing craftsmen so that they are independent in terms of management skills and their economy.Downloads
Published
2024-03-01
Issue
Section
Articles