PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP BUYING INTENTION PADA PRODUK SOMETHINC DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP BUYING INTENTION PADA PRODUK SOMETHINC DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ardelia Sani Arvia Millatina FEB UNRAM
  • Akhmad Saufi FEB UNRAM
  • Dwi Putra Buana Sakti FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2677

Keywords:

Viral Marketing, Buying Intention, Brand Awareness

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini guna mengetahui pengaruh viral marketing terhadap buying intention pada produk Somethinc dengan brand awareness sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini masyarakat Kota Mataram yang mengetahui brand Somethinc dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden serta teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan yaitu sample survey. Teknik pengambilan data memakai kuesioner online. Analisis yang digunakan moderated regression analysis (MRA). Sesuai hasil analisis data statistik, indikator pada penelitian ini valid dan reliabel. Hasil penelitian ini membuktikan viral marketing berpengaruh terhadap buying intention. Sedangkan pengaruh brand awareness sebagai variabel moderasi tidak bisa memperkuat variabel viral marketing terhadap buying intention ABSTRACT With brand awareness serving as a moderating variable, the purpose of this study is to ascertain whether or not viral marketing influences intention to buy Something products. With a sample of 100 respondents and the non-probability sampling technique employing the purposive sampling method, this study's population consists of Mataram City residents who are familiar with the Something brand. This study employs a sample survey, uses primary and secondary data, and conducts quantitative research. An online questionnaire is used for data collection. Moderated regression analysis (MRA) is the method used. The statistical data analysis of this study's indicators shows that they are valid and reliable. This study demonstrates that viral marketing influences consumer intent to buy. In the meantime, brand awareness's moderating effect on buying intention cannot strengthen the viral marketing variable.

Downloads

Published

2023-06-07