PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL INDONESIA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram)
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi dan motivasi investasi terhadap minat investasi di Pasar Modal Indonesia dengan studi terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Asosiatif dengan pendekatan Kuantitatif . Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram yang berjumlah 3.879 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 jurusan yaitu, Jurusan Manajemen, Jurusan IESP/Ekonomi Pembangunan, dan Jurusan Akuntansi. Dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dalam penentuan sampel sehingga diperoleh 100 responden. Alat analisa data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan investasi dan motivasi investasi berpengaruh positif siginifikan terhadap minat investasi di pasar modal indonesia