PENGARUH LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2022

Penulis

  • Lalu Reza Fahlefi FEB Unram
  • Alamsyah Abubakar FEB Unram

Kata Kunci:

Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Liquidity, Leverage, Profitability, Firm Value

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas (CR), leverage (DER), profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan profitabilitas (ROA) sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 21 perusahaan dari 47 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022, dengan total berjumlah 63 observasi. Menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan profitabilitas tidak memediasi likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan obyek penelitian pada seluruh sektor perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat menambah variabel yang beragam pada penelitian selanjutnya This study aims to analyze the effects of liquidity (CR), leverage (DER), profitability (ROA) on firm value (PBV) with profitability (ROA) as a mediating variable in manufacturing companies subsector food and beverage listed on indonesia stock exchange period 2020-2022. This research is a quantitative research with an associative and causal relationship. The sample was selected using purposive sampling techniques 21 companies from 47 manufacturing companies subsector food and beverage listed on Indonesia stock exchange in 2020-2022, with total of 63 observations. Using path analysis. The result of this study show that liquidity does not effect significantly on firms value. While leverage and profitability have a positive and significant effect on firm value. Then liquidity and leverage do not have significantly effect on profitability and profitability is cannot able to mediate the effect of liquidity and leverage on firm value. For further research,it is hoped that researchers can expand the scope of research objects to all sectors of manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange so that they can add various variable to further research.

Diterbitkan

2024-03-19