Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Lesson Study

  • Burhanuddin Burhanuddin Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Muntari Muntari Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • I Nyoman Loka Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Baiq Fara Dwirani Sofia Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Syarifa Wahida Al Idrus Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Abstract

Lesson study diartikan sebagai proses profesional yang melibatkan sekelompok guru yang merencanakan, mengobservasi, dan memperbaiki pembelajarannya. Model ini dapat berfungsi sebagai pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Sebagai sebuah komunitas, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah para guru untuk mengembangkan kompetensi dan profesionalismenya. Untuk mewujudkan peran MGMP Kimia dalam pengembangan profesionalisme guru kimia maka perlu dioptimalkan kinerja melalui pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran. Fokus dalam pendampingan ini adalah menemukan inspirasi bahan atau materi kimia untuk dijadikan bahan perencanan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan mengggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Proses pembuatan RPP dan LKPD merupakan langkah awal dalam Lesson Study yang merupakan siklus dari Plan, Do dan See.
Published
2023-02-28