Pelatihan Strategi Pengembangan Ketrampilan Dasar Laboratorium Peserta Didik Pada Guru Guru Kimia di Kabupaten Lombok Timur

Penulis

  • Dra. Muti'ah, M.Si {"en_US":"Universitas Mataram"}
  • Dr. Yunita Arian Sani Anwar
  • Eka Junaidi., M.Si
  • Ermia Hidayanti
  • Sunniarti Ariani
  • Rizka Isnaini

DOI:

https://doi.org/10.29303/y194q024

Abstrak

Kompetensi guru kimia dalam memberdayakan laboratorium untuk  pembelajaran praktikum dapat berdampak langsung pada siswa dalam memperoleh  pengalaman langsung untuk mengamati  perubahan yang terjadi dalam proses kimia. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan  tentang strategi mengembangkan  ketrampilan dasar laboratorium peserta didik  untuk memberdayakan laboratorium secara maksimal. Sasaran kegiatan adalah guru guru kimia yang bergabung dalam MGMP Kimia Lombok Timur. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi,  melalui gambar atau vidio yang terkait dengan ketrampilan dasar laboratorium. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: 1) Kegiatan berjalan lancar dan sangat memotivasi peserta. 2) Strategi pengembangan ketrampilan dasar laboratorium dapat dilakukan dengan  menggunakan strategi / metode pembelajaran yang dapat memberikan latihan langsung dan berulang pada siswa seperti demonstrasi atau eksperimen. 3) Adanya peningkatan pemahaman tentang strategi pengembangan ketrampilan dasar laboratorium pada peserta kegiatan dari katagori kurang menjadi katagori sangat baik.

Diterbitkan

31-10-2025

Cara Mengutip

Pelatihan Strategi Pengembangan Ketrampilan Dasar Laboratorium Peserta Didik Pada Guru Guru Kimia di Kabupaten Lombok Timur. (2025). Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2b). https://doi.org/10.29303/y194q024