Pelatihan Strategi Pengembangan Ketrampilan Dasar Laboratorium Peserta Didik Pada Guru Guru Kimia di Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29303/y194q024Abstrak
Kompetensi guru kimia dalam memberdayakan laboratorium untuk pembelajaran praktikum dapat berdampak langsung pada siswa dalam memperoleh pengalaman langsung untuk mengamati perubahan yang terjadi dalam proses kimia. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tentang strategi mengembangkan ketrampilan dasar laboratorium peserta didik untuk memberdayakan laboratorium secara maksimal. Sasaran kegiatan adalah guru guru kimia yang bergabung dalam MGMP Kimia Lombok Timur. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi, melalui gambar atau vidio yang terkait dengan ketrampilan dasar laboratorium. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: 1) Kegiatan berjalan lancar dan sangat memotivasi peserta. 2) Strategi pengembangan ketrampilan dasar laboratorium dapat dilakukan dengan menggunakan strategi / metode pembelajaran yang dapat memberikan latihan langsung dan berulang pada siswa seperti demonstrasi atau eksperimen. 3) Adanya peningkatan pemahaman tentang strategi pengembangan ketrampilan dasar laboratorium pada peserta kegiatan dari katagori kurang menjadi katagori sangat baik.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dra. Muti'ah, M.Si, Dr. Yunita Arian Sani Anwar, Eka Junaidi., M.Si, Ermia Hidayanti, Sunniarti Ariani, Rizka Isnaini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



