Edukasi Tentang Strategi Adaptasi Karyawan untuk Mengatasi Tantangan Pekerjaan di Perumda Tirta Musi Palembang

Authors

  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma
  • Cindy Farza Marshela Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.7249

Keywords:

Adaptasi kerja, transformasi digital, strategi pendampingan, kesejahteraan psikologis, psikologi industri dan organisasi

Abstract

Transformasi digital yang pesat menuntut karyawan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan sistem dan beban kerja. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi karyawan serta strategi adaptasi yang diterapkan dalam konteks organisasi penyedia layanan publik. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan observasi lapangan, wawancara semi-terstruktur, dan pelaksanaan workshop adaptasi di Perumda Tirta Musi Palembang.Hasil penelitian menunjukkan tantangan utama yang dihadapi karyawan meliputi ketidaksiapan menghadapi perubahan teknologi, kecemasan kerja, dan resistensi terhadap sistem baru. Selain itu, kurangnya keterampilan digital di antara karyawan juga berkontribusi terhadap kesulitan dalam beradaptasi. Strategi yang diterapkan mencakup pelatihan keterampilan digital, penguatan dukungan sosial di tempat kerja, serta pengembangan mindset berkembang.Temuan ini menekankan pentingnya intervensi berkelanjutan berbasis psikologi organisasi dalam mendukung adaptasi karyawan terhadap tantangan pekerjaan di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi manajemen dalam merancang program pelatihan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Published

2025-08-31

How to Cite

Hurriyati, D., & Farza Marshela, C. (2025). Edukasi Tentang Strategi Adaptasi Karyawan untuk Mengatasi Tantangan Pekerjaan di Perumda Tirta Musi Palembang. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2), 228–233. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.7249

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.