Implementasi Aplikasi Python pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP Kelas 9

Authors

  • Katon Ramadhan Universitas Islam Mulia Yogyakarta
  • Aulia Fonda Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Mulia Yogyakarta
  • Muh Wildanul Firdaus Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Mulia Yogyakarta
  • Junianto Junianto Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Mulia Yogyakarta
  • Indi Mega Aulia Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Mulia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.7214

Keywords:

Workshop, Python, Bangun ruang sisi lengkung

Abstract

Literasi ICT dan berpikir kritis merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa di era teknologi. Kedua aspek tersebut menjadi modal dasar bagi siswa untuk berperan aktif di dunia modern. Literasi ICT merupakan kecakapan siswa dalam memanfaatkan teknologi, sedangkan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengintegrasikan beberapa aspek kognitif sekaligus, seperti berpikir analitis, sistematis, komparatif, dan generalisasi. Studi yang diselenggarakan di salah satu SMP di DIY mengungkapkan bahwa sekolah tersebut belum menghadirkan pembelajaran yang mampu melatih kedua aspek tersebut. Aplikasi python menjadi alternatif solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan literasi ICT dan berpikir kritis serta memberikan alternatif setting pembelajaran berbasis teknologi kepada guru. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa literasi ICT dan berpikir kritis siswa meningkat setelah implementasi aplikasi python. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan python dan mampu membuat aplikasi sederhana mereka sendiri yang mampu menyelesaikan permasalahan pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Published

2025-08-31

How to Cite

Ramadhan, K., Fonda, A., Firdaus, M. W., Junianto, J., & Aulia, I. M. (2025). Implementasi Aplikasi Python pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP Kelas 9. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2), 148–153. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.7214

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.