Pengelolaan Laboratorium Kimia Sekolah Di Kota Mataram

  • Burhanuddin Burhanuddin Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Yayuk Andayani Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.
  • Eka Junaidi Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.
  • Saprizal Hadisaputra Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.
  • Aliefman Hakim Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.

Abstract

Laboratorium adalah bagian penting dalam pembelajaran Kimia. Kebanyakan laboratorium kimia di    beberapa sekolah menengah khususnya SMA di Kota Mataram belum dijalankan  secara  tata  kelola  yang  baik  dalam  menunjang  proses  pembelajaran.  Terdapat beberapa kendala yang teridentifikasi sebagai penyebab lemahnya peran laboratorium sekolah. Pertama, peran  ganda  guru  yang harus  berperan  sebagai  laboran,  karena belum  ada  tenaga laboran khusus laboratorium kimia. Kedua, keterampilan dasar teknis guru kimia tentang alat dan bahan kimia belum terasah dengan baik. Ketiga, ketersediaan alat dan bahan kimia di laboratoeium yang masih terbatas, dan keempat, belum adanya solusi alternatif jika terdapat permasalahan alat dan bahan kimia. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada Jum’at, 20 November 2020 di hadapan peserta guru-guru kimia Kota Mataram yang tergabung dalam MGMP Kota Mataram.  Pembicara dalam kegiatan ini dilakukan oleh 3 (tiga) narasumber, yang masing-masing membahas topik Pengelolaan Laboratorium, Tipe-tipe Praktikum  Kimia,  dan  Praktikum  Kimia  Berbasis  Kimia  Komputasi  berupa  Laboratorium Virtual. Fokus pembahasan pada pengelolaan laboratorium ditekankan pada bagaimana mengelola, mengapa perlu dikelola dan  apa saja yang harus dikelola. Tipe-tipe praktikum yang dapat dilakukan oleh guru bisa dalam bentuk  praktikum ekspositori, inkuiri dan penemuan, dan praktikum pemecahan masalah. Praktikum kimia menggunakan laboratorium virtual dinyatakan sebagai alternatif bagi para guru kimia untuk mengatasi hambatan khususnya dalam masa pandemi seperti sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk praktikum dalam ruangan laboratorium secara langsung.
Published
2022-04-14
Section
Articles