Penyuluhan Dengan Metode Interaktif Terhadap Bullying pada Siswa SDN 15 Tanjung Batu

Authors

Sawi Sujarwo , Peny Sivtalia

Published:

2025-02-07

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2025): Edisi Februari

Keywords:

Bullying, SDN 15 Tanjung Batu , metode interaktif

Articles

How to Cite

Sujarwo, S., & Sivtalia, P. (2025). Penyuluhan Dengan Metode Interaktif Terhadap Bullying pada Siswa SDN 15 Tanjung Batu . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(1), 7–11. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/jippm/article/view/6061

Abstract

Penindasan adalah tindakan kekerasan atau tindakan kekerasan atau perilaku tidak menyenangkan yang disengaja dan berulang-ulang terhadap individu yang dianggap lebih lemah. Di kalangan siswa sekolah dasar, perundungan sering kali terjadi dalam bentuk perilaku fisik, verbal, atau sosial, dan dapat mengganggu proses belajar serta perkembangan emosi dan sosial anak. metode yang digunakan dalam pengabdian Masyarakat ini adalah metode interaktif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan seperti diskusi kelompok, permainan peran, simulasi, dan kegiatan kolaboratif. Hasil kegiatan penyuluhan ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa. Selama penyuluhan, siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga terlibat secara aktif dalam diskusi, permainan peran, dan simulasi yang memperlihatkan dampak dari bullying. Mereka tidak hanya diajarkan untuk memahami teori tentang bullying, tetapi juga diberi kesempatan untuk belajar melalui pengalaman langsung, yang membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan diterima oleh siswa. Interaksi ini menciptakan suasana yang lebih terbuka di mana siswa dapat dengan bebas mengungkapkan pendapat dan pengalaman mereka mengenai bullying, yang tentu saja memperkaya diskusi yang ada.

Author Biographies

Sawi Sujarwo, Program Studi Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang

Peny Sivtalia, universitas bina darma

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.