Sosialisasi dan Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multi Level Representasi Pada Alumni Pendidikan Kimia Universitas Mataram

  • Wildan Wildan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
  • Dwi Laksmiwati Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Jeckson Siahaan Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Lalu Rudyat Telly Savalas Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Supriadi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Sunniarti Ariani Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

Abstract

Pembelajaran kimia yang lengkap adalah pembelajaran yang menghubungkan tiga level representasi kimia, yaitu level makroskopik, simbolik, dan submikroskopik. Dengan pembelajaran berbasis multi level representasi, mahasiswa dapat menjelaskan konsep kimia secara ilmiah tanpa ada miskonsepsi. Program ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendampingi alumni pendidikan kimia yang sudah menjadi guru dalam mengembangan pembelajaran kimia berbasis multilevel representasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghubungkan tiga level representasi. Ada beberapa tahapan yang dilakukan selama pengabdian, yaitu persiapan, sosialisasi, pendampingan, Workshop hasil kerja peserta, dan monitoring, evaluasi serta pelaporan. semua tahapan dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai perencanaan dan memberikan hasil positif bagi peserta. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. Materi pengabdian diakui sangat berguna bagi para guru terutama dalam pengembangan dan penggunaan bahan ajar berbasis multi level representasi yang diharapkan dapat membuat siswa memahami kimia melalui tiga level representasi.
Published
2022-02-06
Section
Articles