Analisis Pemasaran Tanaman Hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram, NTB

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/bd96vm90

Kata Kunci:

pemasaran, efisiensi, tanaman_hias

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk: (1) Menganalisis rantai pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram; (2) Menganalisis efisiensi pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 2 (dua) rantai pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram NTB yaitu: I: Petani/pengusaha tanaman hias – Konsumen Akhir; Saluran II. Petani/pengusaha tanaman hias – Pengecer – Konsumen Akhir; (2) Pemsaran usahatani tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram sudah efisien. Saluran I memberikan efisiensi tertinggi bagi petani secara teoritis (share 100%), tetapi volume rendah menandakan terbatasnya akses pasar, sedangkan Saluran II juga sudah efisien.

Diterbitkan

2025-12-08

Cara Mengutip

Analisis Pemasaran Tanaman Hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram, NTB. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 4(3), 954-958. https://doi.org/10.29303/bd96vm90