Analisis Pemasaran Tanaman Hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram, NTB
DOI:
https://doi.org/10.29303/bd96vm90Kata Kunci:
pemasaran, efisiensi, tanaman_hiasAbstrak
Penelitian bertujuan untuk: (1) Menganalisis rantai pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram; (2) Menganalisis efisiensi pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 2 (dua) rantai pemasaran tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram NTB yaitu: I: Petani/pengusaha tanaman hias – Konsumen Akhir; Saluran II. Petani/pengusaha tanaman hias – Pengecer – Konsumen Akhir; (2) Pemsaran usahatani tanaman hias di Kecamatan Ampenan Kota Mataram sudah efisien. Saluran I memberikan efisiensi tertinggi bagi petani secara teoritis (share 100%), tetapi volume rendah menandakan terbatasnya akses pasar, sedangkan Saluran II juga sudah efisien.







