Profitabilitas Kopi Leong (Studi Kasus UMKM Kopi Leong Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara)
DOI:
https://doi.org/10.29303/jima.v4i2.7489Keywords:
keuntungan, kopi_leong, pemasaran, profitabilitasAbstract
Kopi memiliki nilai ekonomi yang tinggi bila diolah menjadi produk siap saji, seperti kopi bubuk dan kopi roasted bean. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis biaya dan keuntungan UMKM Kopi Leong Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara; dan 2) Menganalisis profitabilitas UMKM Kopi Leong Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Digunakan metode studi kasus dengan unit analisis yaitu UMKM Kopi Leong Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang terlibat dalam pendistribusian hasil kopi Leong. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tegal Maja, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha Kopi Leong yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya produksi, penerimaan, keuntungan, profitabilitas dan saluran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Usaha bisnis kopi di UMKM Kopi Leong memiliki keuntungan dengan rata-rata keuntungan/laba bersih dari dua varian produk Kopi Leong sebesar Rp 11.247.258,- per bulan; dan (2) Profitabilitas usaha agroindustri kopi bubuk yaitu 85,47% dan 86,93% untuk kopi roasted bean. Nilai ini jauh melampaui suku bunga bank indonesia sebesar 5,5% per tahun, sehingga lebih menguntungkan dibandingkan menyimpan uang di bank.