Strategi Pengembangan Agribisnis Manggis sebagai Komoditas Unggulan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/0h38qm76

Kata Kunci:

strategi, agribisnis, manggis, komoditas_unggulan

Abstrak

Manggis merupakan salah satu buah tropika yang digemari oleh masyarakat, bernilai ekonomis tinggi dan dijuluki Queen of tropical fruit. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi dan menganlisis faktor-faktor internal dan eksternal (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dari sistem agribisnis manggis di Kabupaten Lombok Barat; dan (2) Merumuskan strategi pengembangan agribisnis manggis sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian menggunakan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan survei. Data dianalisis secara deskriptif dan analissi SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) a. Faktor internal yang mempengaruhi pengembangan agribisnis manggis di Kabupaten Lombok Barat, meliputi kekuatan dan kelemahan. Kekuatan; buah manggis segar grade A, pelabelan atau branding produk, industri pengolahan pasca panen rintisan; Kelemahan: produksi satu tahun sekali, jangka waktu mulai berbuah di atas 5 tahun, proses budidaya secara tradisional; b. Faktor eksternal, berupa: Peluang; buah manggis sebagai salah satu produk unggulan daerah, berkembangnya industri pariwisata, pengembangan kawasan; Acaman: alih fungsi lahan, perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu; (2) Agribisnis manggis di Kabupaten Lombok Barat berada pada posisi kuadran II dalam matriks IE. Strategi yang sesuai untuk kuadran II yaitu growth strategy (Strategi Pertumbuhan) dengan konsentrasi melalui Integrasi Horizontal. Strategi pertumbuhan yang dilakukan melalui konsentrasi horizontal akan mengarahkan unit usaha ke suatu kegiatan untuk memperluas usaha dengan cara pengembangan wilayah dan peningkatan jenis produk atau jasa. Sehingga pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan perluasan pasar, fasilitas produksi, dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal.

Diterbitkan

2025-12-05

Cara Mengutip

Strategi Pengembangan Agribisnis Manggis sebagai Komoditas Unggulan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 4(3), 922-934. https://doi.org/10.29303/0h38qm76