Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Media Buletin Digital pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pertanian

Authors

Shelly Sylvia Agustina , Mutiara Mita Kasia , Farah Ainun Jamil , Sri Maryati , Efendy Efendy

DOI:

10.29303/jima.v4i1.7302

Published:

2025-03-31

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek

Keywords:

buletin_digital, ilmu_pertanian, kreativitas_mahasiswa, pembelajaran_aktif

Articles

Downloads

How to Cite

Shelly Sylvia Agustina, Mutiara Mita Kasia, Farah Ainun Jamil, Sri Maryati, & Efendy Efendy. (2025). Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Media Buletin Digital pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pertanian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 4(1), 316–321. https://doi.org/10.29303/jima.v4i1.7302

Abstract

Pengembangan metode pembelajaran yang inovatif menjadi kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, terutama pada mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PBL) melalui media buletin digital sebagai bentuk penugasan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah model Design and Development (D&D) yang meliputi tahap desain, pengembangan, dan evaluasi produk dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah 84 mahasiswa Program Studi Agribisnis, Universitas Mataram. Instrumen yang digunakan berupa media buletin digital berbasis Canva dan angket respons mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa belum pernah menggunakan buletin digital sebagai media pembelajaran. Setelah implementasi, sebanyak 62,5% mahasiswa menyatakan bahwa media ini meningkatkan keterlibatan dalam menganalisis studi kasus dan kreativitas belajar. Sebanyak 70% mahasiswa setuju bahwa buletin digital dapat dijadikan sebagai bentuk penugasan dalam model PBL. Media ini juga membantu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa terhadap materi kuliah. Pengembangan media buletin digital terbukti efektif mendukung implementasi pembelajaran PBL dalam memperkuat aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa. Model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas pada berbagai topik dalam Pengantar Ilmu Pertanian guna menciptakan pembelajaran yang aktif, menarik, dan relevan dengan tantangan pertanian masa kini.

Author Biographies

Shelly Sylvia Agustina, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Mutiara Mita Kasia, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Farah Ainun Jamil, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Sri Maryati, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Efendy Efendy, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram