Analisis Ekonomi dan Rantai Pemasaran Vanili di Kabupaten Lombok Tengah, NTB

Authors

  • M. Yusuf Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • I GN ARYAWAN ASASANDI Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jima.v4i1.7059

Keywords:

ekonomi, rantai pemasaran, vanili

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis biaya dan pendapatan usaha tani vanili di Kabupaten Lombok Tengah; (2) Menganalisis rantai dan efisiensi pemasaran vanili di Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Data dianalisis secar adeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Biaya produksi usaha tani vanili di Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp 56.126.814/ha, dengan pendapatan sebesar Rp 17.719.340/ha; (2) terdapat 2 (dua) rantai pemasaran vanili di Kabupaten Lombok Tengah, yaitu: Saluran I: Petani - Pedagang Pengumpul Kecamatan (PP Kec.) - Pedanga Besar (PB)/ PT. Djasula Wangi - Eksportir. Saluran II: Petani/Produsen - Pedagang Pengepul Kecamatan (PPKc) - Pedanga Besar (PB)/ PT. Djasula Wangi - Eksportir; Pemasaran vanili di Kabupaten Lombok Tengah sudah efisien.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

M. Yusuf, & I GN ARYAWAN ASASANDI. (2025). Analisis Ekonomi dan Rantai Pemasaran Vanili di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 4(1), 217–225. https://doi.org/10.29303/jima.v4i1.7059