Karakter Kuantitatif Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) yang Ditumpangsarikan dengan Beberapa Varietas Sorgum (Sorghum bicolor L.)

  • Mustika Ayu Febrianti Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Dwi Ratna Anugrahwati Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Akhmad Zubaidi Program Studi Agroekoteknololgi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
Keywords: karakter-kuantitatif, kacang-tanah, sorgum, tumpangsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakter kuantitatif beberapa varietas kacang tanah, heritabilitas, dan korelasi antara hasil kacang tanah dengan karakter kuantitatif yang lainnya pada tumpangsari dengan berbagai varietas sorgum. Percobaan dilaksanakan pada lahan yang terletak di Dusun Papak, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada bulan Juni 2022 sampai September 2022. Rancangan percoban yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan dua faktor perlakuan yaitu beberapa varietas kacang tanah (Lokal Lombok Utara, Kelinci dan Gajah) dan perlakuan tumpangsari dengan beberapa varietas tanaman sorgum (Bioguma, Pahat dan Samurai). Percobaan dilakukan dengan 9 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 27 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kacang tanah varietas Lokal Lombok Utara memiliki tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, bobot polong, bobot biji kering, bobot 100 biji, dan hasil tertinggi jika dibandingkan dengan kacang tanah varietas Kelinci dan Gajah. Sedangkan untuk kombinasi perlakuan kacang tanah dan tumpangsari dengan varietas sorgum yang berbeda menunjukkan hasil tertinggi pada kacang tanah varietas Lokal Lombok Utara yang ditumpangsarikan dengan sorgum varietas Pahat.
Published
2024-03-05
How to Cite
Mustika Ayu Febrianti, Dwi Ratna Anugrahwati, & Akhmad Zubaidi. (2024). Karakter Kuantitatif Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) yang Ditumpangsarikan dengan Beberapa Varietas Sorgum (Sorghum bicolor L.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.29303/jima.v3i1.3051