Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Bio-Extrim Dan Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.)

  • Rosfani Program studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian
  • Jayaputra Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Novita Hidayatun Nufus Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
Keywords: Selada, Faktorial, RAL

Abstract

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai komersial dan nilai gizi yang cukup baik untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) Satu/lebih kombinasi perlakuan konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim dan dosis pupuk kandang kambing memberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibandingkan perlakuan lain, b) satu/lebih konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim yang meberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibanding dosis lain, c) satu/lebih dosis pupuk kandang kambing yang memberikan pertumbuhan dan hasil lebih baik dibanding dosis lainnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2022 di Rumah Kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian  menggunakan metode Eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu: 1) Pupuk hayati Bio-Extrim terdiri dari 4 perlakuan yaitu: D0 = 0 liter/ha, D1 = 1 liter/ha, D2 = 2 liter/ha, D3= 3 liter/ha. 2) Pupuk kandang kambing terdiri dari 4 perlakuan yaitu K0 = 0 ton/ ha, K1 = 10 ton/ha, K2 = 20 ton/ha, K3 = 30 ton/ha. Diperoleh 16 kombinasi yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 48 unit percobaan yang diacak secara bebas. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa kombinasi pupuk hayati Bio-Extrim dan pupuk kandang kambing berpengaruh terhadap berat brangkasan basah dan berat brangkasan hasil. Konsentrasi pupuk hayati Bio-Extrim berpengaruh terhadap berat brangkasan basah dan berat brangkasan hasil.
Published
2023-03-21
How to Cite
Rosfani, Jayaputra, & Novita Hidayatun Nufus. (2023). Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Bio-Extrim Dan Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek, 2(1), 129-136. https://doi.org/10.29303/jima.v2i1.2323