ANALISIS KOMPARATIF PERSEPSI VISUAL ANAK PADA BERBAGAI TAHAP PENDIDIKAN
Keywords:
Ergonomi Kognitif, NASA-TLX, Persepsi Visual, Visual DiscriminationAbstract
Perkembangan kognitif manusia merupakan proses kompleks yang terus bertransformasi seiring dengan bertambahnya usia dan jenjang pendidikan. Setiap jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), memiliki karakteristik unik terkait kemampuan kognitif, khususnya dalam pemrosesan dan persepsi informasi visual. Pendekatan ergonomi kognitif memberikan kerangka ilmiah untuk memahami bagaimana individu dari berbagai jenjang pendidikan memproses informasi visual, mengintegrasikan pengalaman, dan menghasilkan respons yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ergonomi kognitif dalam tugas visual discrimination pada siswa dari tiga jenjang pendidikan: SD, SMP, dan SMA. Metode NASA-TLX digunakan untuk mengukur beban kognitif berdasarkan enam dimensi: tuntutan mental (MD), tuntutan fisik (PD), tuntutan waktu (TD), kinerja operasional (OP), usaha (EF), dan tingkat frustrasi (FR). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan visual discrimination seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan. Siswa SD berhasil menemukan 5 perbedaan dalam waktu 1 menit dengan beban kognitif terkendali, siswa SMP menemukan 7 perbedaan dalam waktu yang sama dengan strategi pemecahan masalah yang lebih kompleks, sementara siswa SMA berhasil menyelesaikan seluruh perbedaan dalam waktu 53 detik dengan efisiensi tinggi meskipun menghadapi tuntutan mental dan waktu yang lebih tinggi.Downloads
Published
2025-01-11
How to Cite
Susanto, A. N., Aji, A. S., Amelia, A., Khotimah, H., Pradityatama, M., & Kurnia, F. (2025). ANALISIS KOMPARATIF PERSEPSI VISUAL ANAK PADA BERBAGAI TAHAP PENDIDIKAN. Journal of Industrial Engineering and Innovation, 1(02), 78–85. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/jiei/article/view/6168
Issue
Section
Articles