Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan NTB dalam Mengawasi Penyelenggaraan Program PTSL dalam Mencegah Terjadinya Maladministrasi Pelayanan Publik

Penulis

  • Danu Firman Solihin Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mataram
  • AD Basniwati Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mataram
  • Khairul Umam Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mataram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ombudsman sebagai badan pengawasa penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia. Penelitian merupakan penelitian hukum normatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ombusman Perwakilan Nusa Tenggara Barat melakukan berbagai kegiatan ataupun berperan secara aktif dalam menyelesaikan ataupun menemukan indikasi terkait dengan permasalahan pelayanan publik, antara lain melaksanakan kegiatan jemput bola yang dimana bertujuan untuk mempermudah masyarakat khususnya masyarakat yang ada dipedesaan untuk melakukan laporan ataupun pengaduan, melakukan konsultasi, program ini merupakan salah satu program yang diberikan yang bertujuan untuk memberikan pengarahan, bimbingan hingga jalan penyelesaian terkait dengan permasalahan pelayanan publik, Program Penerimaan Laporan, program ini bertujuan untuk menyelesaikan laporan/pengaduan dari masyarakat, yang dimana tentunya harus memperhatikan kewenangan dari Ombudsman itu sendiri.

Diterbitkan

2024-12-20

Cara Mengutip

Danu Firman Solihin, AD Basniwati, & Khairul Umam. (2024). Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan NTB dalam Mengawasi Penyelenggaraan Program PTSL dalam Mencegah Terjadinya Maladministrasi Pelayanan Publik. Jurnal Diskresi, 3(2), 126–133. Diambil dari https://journal.unram.ac.id/index.php/diskresi/article/view/6022

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama