Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Team Games Tournament
Improving the Engagement of Students in Learning Islamic Education through Team Games Tournament
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i4.8437Keywords:
Keterlibatan, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik, Teams Games TournamentAbstract
Studi yang disusun dari laporan hasil PLP ini berorientasi pada cara guru menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan kreatif bagi peserta didik. Model pembelajaran tersebut menjadi kunci utama bagi para guru untuk meningkatkan engagement (keterlibatan) peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui team games tournament. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kegiatan selama PLP ini menemukan bahwa keterlibatan peserta didik meningkat setelah menerapkan model pembelajaran team games tournament (TGT). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase pada setiap aspek keterlibatan peserta didik, yaitu, aspek mengikuti pembelajaran meningkat 18%, aspek mengajukan pertanyaan meningkat 40%, aspek menjawab pertanyaan meningkat 18%, aspek berpartisipasi dalam diskusi meningkat 50%, dan aspek menyelesaikan tugas meningkat 15%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT terbukti dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT ini dapat digunakan dalam pembelajaran PAI agar peserta didik lebih aktif dan termotivasi saat proses belajar mengajar berlangsung.




