Technical And Economic Analysis of The Drying Process of Palm Sugar Using a Cylinder Tool Type of Shelf (Case Study of Maju Joint Smes)

  • Nimas Dwi Ratna Sumilih Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram
  • Murad Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram
  • Rahmat Sabani Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram

Abstract

Tanaman aren (ArengapinnataMerr) adalah satu jenis tanaman palma yang tumbuh di ketinggian 0 – 1.400 m dpl. Potensi produksi gula aren dalam bentuk gula semut (gula gerus halus) sangat besar. Dalam pembuatan gula semut tersebut gula yang telah di produksi dipastikan memiliki kadar air rendah yakni maksimal 3% sesuai dengan aturan SNI agar gula semut dapat bertahan lama. Proses pengeringan tersebut menggunakan alat slilinder tipe rak sehingga memudahkan dalam proses pengeringan yang sebelumnya masyarakat masih menggunakan pengeringan secara manual atau menggunakan bantuan dari sinar matahari. Menggunakan alat ini juga proses pengeringan lebih efisien waktu dan mempunyai  keuntungan secara  ekonomi seperti nilai ekonomi untuk NPV’ Rp.1.271.081,11 dengan bunga sebesar 3,50% dan NPV” sebesar Rp.5.469,32 dengan bunga sebesar 75% kemudian nilai IRR sebesar 75%. Nilai Net B/C Ratio 1,03 dan nilai gross B/C mendapatkan -1,27 dan nilai BEP dari  alat ini tercapai pada 280 unit/tahun dan memerlukan 196 jam/tahun.
Published
2024-06-30
How to Cite
Nimas Dwi Ratna Sumilih, Murad, & Rahmat Sabani. (2024). Technical And Economic Analysis of The Drying Process of Palm Sugar Using a Cylinder Tool Type of Shelf (Case Study of Maju Joint Smes). J-AGENT (Journal of Agricultural Engineering and Technology), 2(2), 134-141. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/agent/article/view/3619