SOSIALISASI PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK BABY NILA CRISPY DI DESA BUNKATE, KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Hans Riadhi Syamsi Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram , Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram
  • Sarkawi Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram , Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram
  • Radifan Akbar Thirafi Maulana Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram , Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Baiq Dewi Alya Nilyana Putri Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram , Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Siti Maria Ulfa Progam Studi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Aroindustri Universitas Mataram , Progam Studi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Aroindustri Universitas Mataram
  • Afni Rifdah Fadhilah Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram , Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram
  • Akbar Fitra Rohadi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram , Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Lalu Alfitra Ratila Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram , Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Usratul Mawaddah Universitas Mataram image/svg+xml
  • Baiq Naning Dwi Patmida Universitas Mataram image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.29303/wicara.v2i1.4095

Kata Kunci:

Baby Nila, Usaha, Perekonomian

Abstrak

Desa Bunkate adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Bunkate terdiri dari 6 dusun. Berdasarkan hasil survey salah satu potensi Desa Bunkate adalah banyaknya masyarakat yang menjadi peternak ikan air tawar terutama ikan nila. Potensi ini dapat dimanfaatkan menjadi produk yang dapat meningkatkan perekonomian di Desa Bunkate. Anakan ikan nila (baby nila) dapat diolah menjadi produk makanan berupa produk cemilan yakni ikan krispi. Adapun metode pelaksanaan antara lain Pra kegiatan, Pelaksanaan kegiatan, Evaluasi kegiatan dan Pembuatan produk serta pemasaran. Kegiatan sosialisasi dan demonstrasi dilakukan pada hari Senin, 22 Januari 2024 bertempat di Aula Kantor Desa Bunkate yang dihadiri oleh ibu-ibu Desa Bunkate. Mutu organoleptik yang harus dihasilkan baby nila crispy yakni warna cokelat keemasan setelah digoreng. Tidak ada aroma amis pada baby nila. Rasa yang dihasilkan dihasilkan yaitu gurih dan asin. Tekstur baby nila yang dihasilkan yaitu renyah dan garing. Kegiatan promosi dan pemasaran produk olahan baby nila ini dilakukan secara offline dan online. Pemasaran secara offline  dilakukan dengan cara menitipkan ke kios-kios warga di Desa Bunkate. Sedangkan pemasaran secara online dilakukan melalui media social yakni Instagram dan Whatsapp. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian desa serta memajukan UMKM yang terdapat di Desa Bunkate.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-11

Cara Mengutip

SOSIALISASI PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK BABY NILA CRISPY DI DESA BUNKATE, KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH. (2024). Jurnal Wicara, 2(1), 62-67. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i1.4095