SOSIALISASI PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK BABY NILA CRISPY DI DESA BUNKATE, KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v2i1.4095Kata Kunci:
Baby Nila, Usaha, PerekonomianAbstrak
Desa Bunkate adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Bunkate terdiri dari 6 dusun. Berdasarkan hasil survey salah satu potensi Desa Bunkate adalah banyaknya masyarakat yang menjadi peternak ikan air tawar terutama ikan nila. Potensi ini dapat dimanfaatkan menjadi produk yang dapat meningkatkan perekonomian di Desa Bunkate. Anakan ikan nila (baby nila) dapat diolah menjadi produk makanan berupa produk cemilan yakni ikan krispi. Adapun metode pelaksanaan antara lain Pra kegiatan, Pelaksanaan kegiatan, Evaluasi kegiatan dan Pembuatan produk serta pemasaran. Kegiatan sosialisasi dan demonstrasi dilakukan pada hari Senin, 22 Januari 2024 bertempat di Aula Kantor Desa Bunkate yang dihadiri oleh ibu-ibu Desa Bunkate. Mutu organoleptik yang harus dihasilkan baby nila crispy yakni warna cokelat keemasan setelah digoreng. Tidak ada aroma amis pada baby nila. Rasa yang dihasilkan dihasilkan yaitu gurih dan asin. Tekstur baby nila yang dihasilkan yaitu renyah dan garing. Kegiatan promosi dan pemasaran produk olahan baby nila ini dilakukan secara offline dan online. Pemasaran secara offline dilakukan dengan cara menitipkan ke kios-kios warga di Desa Bunkate. Sedangkan pemasaran secara online dilakukan melalui media social yakni Instagram dan Whatsapp. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian desa serta memajukan UMKM yang terdapat di Desa Bunkate.