OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN DAN PROMOSI POTENSI WISATA ALAM DESA TOYA
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v3i2.6770Kata Kunci:
Media Digital, Promosi, Wisata AlamAbstrak
Strategi promosi berbasis media digital menjadi sarana efektif dalam menyampaikan informasi secara sistematis dan persuasif, guna memperkenalkan serta memperkuat gagasan mengenai potensi wisata desa Toya. Fenomena swafoto yang marak di kalangan generasi milenial dapat meningkatkan daya tarik suatu wilayah sebagai destinasi wisata yang bernilai guna. Oleh karena itu, promosi objek wisata alam di Desa Toya perlu dilakukan secara masif agar potensi kekayaan alam desa Toya semakin dikenal luas, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata. Pemanfaatan media digital dalam promosi wisata Desa Toya berperan penting dalam mempercepat penyebaran informasi mengenai destinasi wisata yang ada, mengingat Desa Toya yang terletak di Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, memiliki keindahan alam yang memukau. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, studi literatur, serta dokumentasi visual. Pengembangan strategi komunikasi yang terintegrasi dengan media digital menjadi langkah tepat dalam mengenalkan potensi wisata alam Desa Toya kepada masyarakat.
Referensi
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: Strategy, Implementation and Practice. UK: Pearson
Devi, N. S. K., Sirajuddin, S., & Supardi, S. (2024). Strategi Penggunaan Media Digital Dalam Promosi Paket Wisata di Cv. Coren Lombok Travel. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(6), 941-948.
Hadi, M. J., & Widyaningrum, M. (2022). Pemetaan Potensi Wisata, Peluang Dan Tantangan Pengembangan Desa Wisata Pengadangan Barat, Kabupaten Lombok Timur. Journal of Tourism and Economic, 5(1), 32-45.
Hasbi, I., & Lestari, M. A. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Warunk Upnormal Bandung. E-Proceeding of Management, 4(1).
Nurmadewi, D. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK): 385-392.
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1).
Prasetyo, H., Irawati, N., & Satriawati, Z. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Desa Wisata. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(2), 515-522.
Sudarmawan, N. W., dan Prasetia, A. R. (2019). Pengenalan Objek Wisata Alam Kabupaten Lebak Melalui Strategi Komunikasi Berbasis Media Digital. In Conference on Communication and News Media Studies (Vol. 1, pp. 346-346).
Utomo, S. B. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Memperkenalkan Kawasan Wisata Jalan Tunjungan di Surabaya. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(2), 449-458.
Wijaya, A., Jamaludin, Khudori, A. N., Fauziah, Grace, E., Silitonga, H. P. Harto, B. (2022). The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung: Media Sains Indonesia.


