DESAIN BANK SAMPAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA PEJARING

  • Deyalis Almahira Almahira Universitas Mataram
  • Riska Amalia Azzahrah Program Studi Pendidikan Fisika
  • Baiq Anggun Lola Santi Program Studi Teknik Sipil Universitas Mataram
  • Muhammad Teguh Zatmika Program Studi Agroekoteknologi Universitas Mataram
  • Wiridiatu Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram
  • Jerry Aruan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Putri Ningsih Program Studi PPKN
  • Setia Almuhadjir Program Studi Sosiologi Universitas Mataram
  • Nia Hidayatul Aini Program Studi Agroekoteknologi Universitas Mataram
  • Adnan Habib Arzhaki Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram
Keywords: Bank Sampah, Masyarakat

Abstract

Permasalahan sampah menjadi isu yang sering diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingkat kesadaran bersih lingkungan masyarakat masih tergolong rendah. Solusi yang diberikan KKN-PMD Universitas Mataram dalam bentuk bank sampah. Sistem kerja Bank Sampah yaitu menerima tabungan berupa sampah yang dapat di bayar dalam bentuk uang sehingga mampu mengubah manfaat sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya masyarakat serta kepedulian terhadap permasalahan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dengan diskusi dan aksi lapangan. Dampak positif yang dirasakan adanya bank sampah yaitu dampak sosial, edukasi pentingnya memanfaatkan sampah dan pentingnya menabung), dampak ekonomi, dampak lingkungan.

References

Safitri, A., dan Alvin, M. 2020. Peranan Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah di Masyarakat. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2): 243-250.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008. Tentang pengelolaan sampah. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.
Pravasanti, Y. A., dan Ningsih, S. 2020. Bank sampah untuk peningkatan pendapatan ibu rumah tangga. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Selomo, M., Birawida, A. B., Mallongi, A., dan Muammar, M. 2016. Bank sampah sebagai salah satu solusi penanganan sampah di Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(4): 232-240.
Paradita, L. I. 2018. Pemilahan Sampah: Satu Tahap Menuju Masyarakat Mandiri Dalam Pengelolaan Sampah. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 6(2): 184–194.
Fauziah, S. T., Nurmalasari, D., Safputra, A., Sumiati, T., dan Yuliani, Y. 2021. Peran Bank Sampah dalam Perekonomian Masyarakat dan Kebersihan Lingkungan di Kampung Cikeresek Rw 02 Desa Ganjarsabar Kecamatan Nagreg. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(84): 133-145.
Published
2024-04-11
How to Cite
Almahira, D. A., Azzahrah, R. A., Santi, B. A. L., Zatmika, M. T., Wiridiatu, Aruan, J., Ningsih, P., Almuhadjir, S., Aini, N. H., & Arzhaki, A. H. (2024). DESAIN BANK SAMPAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA PEJARING. Jurnal Wicara Desa, 2(2), 134-139. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i2.4123