PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK MENJADI ECOBRICK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK

  • Nurdani Fajriani Universitas Mataram
  • Hamdan Yusri Universitas Mataram
  • Febrila Ayu Joliastari Universitas Mataram
  • Mila Sari Febrianti Universitas Mataram
  • I Wayan Pariarsana Universitas Mataram
  • Rohmatul Wathoni Universitas Mataram
  • Yandita Putri Universitas Mataram
  • Dwiyani Rohlya Rahmatun Universitas Mataram
  • Anisya Oktaviana Universitas Mataram
  • I Dewa Made Alit Karyawan Universitas Mataram
Kata Kunci: Ecobrick, Kelurahan Semayan, Sampah plastik

Abstrak

Ecobrick sebagai salah satu inovasi pengelolaan timbulan sampah dengan memanfaatkan sampah anorganik menjadi produk ecobrick yang telah dipraktikkan di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, yang dilakukan oleh tim Kelompok KKN-PMD Universitas Mataram 2023. Sampah plastik merupakan sampah yang mendominasi timbulan sampah di Kelurahan Semayan. Berbagai program yang efektif telah dilaksanakan dalam menunjang program ecobrick agar inklusif di wilayah Kelurahan Semayan. Perealisasian program ini menyentuh berbagai lapisan masyarakat, dimulai dari usia anak-anak programnya ditujukan kepada anak-anak TPQ di beberapa Lingkungan dan 2 Sekolah Dasar. Remaja juga banyak yang ikut berpartisasi dalam pembuatan ecobrick. Kemudian pendemonstrasian pembuatan ecobrick juga ditujukan untuk ibu-ibu dan bapak-bapak. Dengan keikutsertaan semua lapisan, memungkinkan program ecobrick ini berjalan lancar, memberi dampak yang baik dan berkelanjutan di Kelurahan Semayan. Hadirnya inovasi ecobrick ini, menjadi salah satu langkah kreatif yang berguna untuk masyarakat Kelurahan Semayan, baik itu mengurangi sampah plastik, meningkatkan kreativitas masyarakat, bahkan inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca terkait salah satu cara mengelola sampah anorganik. 

Referensi

Amalia, Fitri, and Mega Kusuma Putri. 2021. “Analisis Pengelolaan Sampah Anorganik Di Sukawinatan Kota Palembang.” Jurnal Swarnabhumi 6 (2): 134–42. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/5452.
Faradilah Farid Karim, Andi Ridha Yayank Wijayanti, Muhammad Agusfartham Ramli, and Andi Irmayanti Idris. 2023. “EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN DAN PEMBUATAN ECOBRICK SEBAGAI SOLUSI KREATIF MENGURANGI SAMPAH ANORGANIK ‘PLASTIK’ DI DESA MAMMI KECAMATAN BINUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR” 8.
Gaelle Gourmelon. 2015. Global Plastic Production Rises, Recycling Lags. WorldWatch, 1-7.
Maulana Fajar, and Agus Taufiq. 2015. SOSIALISASI SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK SERTA PELATIHAN KREASI SAMPAH. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 68-73.
Ni Wayan Sri Suliartini, Isnaini, Popi Ulandari, Muhammad Zaki Alhannani, I Gede Esha Adyana Nando, Baiq Martina Safitri, Halimatussakdiah, and Akhsanul Amru. 2022. “Pengolahan Sampah Anorganik Melalui Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 5 (2): 209–13. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1741.
Nindya Ovitasari, Ketut Sherly, Dea Cantrika, Yolandari Ayu Murti, Erwin Satria Widana, and I Gede Agus Kurniawan. 2022. “Edukasi Pengolahan Sampah Organik Dan Anorganik Di Desa Rejasa Tabanan.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2): 352. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4986.
Pavani and Rajeswari Raja. 2014. IMPACT OF PLASTICS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION. Journal of Chemical and pharmaceutical Science. 2014: 88.
Suminto Sekartaji. 2017. “Ecobrick: Solusi Cerdas Dan Kreatif Untuk Mengatasi Sampah Plastik.” PRODUCTUM Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk) 3 (1): 26. https://doi.org/10.24821/productum.v3i1.1735.
Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. 2018. “PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DENGAN METODE ECOBRICK DI DESA PENGENGAT, KECAMATAN PUJUT, LOMBOK TENGAH.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3 (1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Widiyasari Ririn, Zulfitria, and Salsabila Fakhirah. (2021). PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DENGAN METODE. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-10.
Diterbitkan
2023-11-01