Sosialisasi Inovasi Pembayaran menggunakan QRIS Terhadap mahasiswa dalam Memudahkan kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.29303/sinonim.v1i2.56-61Keywords:
QRIS, Sosialisasi, Elektronik, UMKMAbstract
QRIS merupakan program inovasi terbaru dari Bank Indonesia yang diluncurkan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dengan tujuan mempermudah, mempercepat, dan memberi keamanan pada transaksi digital. Bank Indonesia gencar melakukan sosialisasi dalam memperkenalkan sistem ini, salah satunya melalui event-event yang diadakan pada daerah tertentu. Event yang diadakan oleh SMAN 1 Mataram menjadi kunci utama dalam mengenalkan generasi muda terhadap sistem pembayaran digital. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan memperhatikan keadaan lingkungan sekitar sembari menceritakan apa saja kegiatan yang dilakukan pada hari itu. Event yang diadakan bernama SKETSA Smansa yang diadakan di Lombok Vaganza Hotel bertujuan untuk memberikan informasi, meningkatkan minta anak muda, serta menekanan UMKM dalam menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital yang aman, mudah, dan terintegrasi. Bank Indonesia mengisi talkshow yang diberikan oleh panitia guna meningkatkan kesadaran Masyarakat dalam perkembangan sistem pembayaran. Selain talkshow Bank Indonesia juga mengadakan pendekatan melalui penggunaan QRIS yang disebarkan pada saat acara berlangsung. Untuk menarik perhatian, Bank Indonesia memberikan voucher makanan setiap scan QRIS yang dilakukan. Banyak dari anak muda yang berpartisipasi pada sosialisasi ini dan mengaku bahwa penggunaan QRIS dapat mempercepat dan mempermudah transaksi jual beli. UMKM yang berjualan pada event tersebut juga turut berpartisipasi dalam penggunaan QRIS yang dapat dilihat pada setiap stand makanan, mereka menyediakan alat pembayaran tersebut.References
Amri, A., Zabadiya, S. G., Gymnastiar, A. A., & Harun, A. (2024). Sosialisasi Penggunaan QRIS Pada Pelaku Kegiatan UMKM Daerah RT 06 RW 14 Rempoa. Aikom: Jurnal Abdi Insan Komunikasi, 1(1), 15-21
Andriani, J., Wahyuningsih, A., & Indani, F. T. (2024). Bagaimana QRIS Menarik Minat UMKM? Keputusan Menggunakan QRIS Sebagai Teknologi Pembayaran Studi Kasus: UMKM Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 109-122.
Annisa, N., Rahawarin, M. A., & Pattimukay, H. V. R. (2023). Evaluasi Kebijakan Fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 102-107.
Ardana, S. G., Luqyana, A. S., Antono, I. A. L., Rahayu, R. P., Qonita, L., Zahra, S. A., & Alsyahdat, F. (2023). Efektifitas penggunaan QRIS bagi kalangan mahasiswa UNNES untuk transaksi pembayaran dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi pada era digitalisasi. Jurnal Potensial, 2(2), 167-183.
Kurniawti, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan edukasi pembayaran non tunai melalui aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada kelompok milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01).
Muslimawati, M. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Qris Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai Untuk Mempermudah Transaksi Bagi Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Abepura, Kota Jayapura. Journal Management And Business, 2(1), 185-196.
Nasution, R. A. (2020). Analisis Persepsi Pedagang Pada Penggunaan Qris Sebagai Alat Transaksi Umkm Di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Sudyantara, S. C., & Yuwono, A. (2023). Mengelola penggunaan QRIS dan QRcode dalam meningkatkan kualitas layanan bagi UMKM. Insight Management Journal, 3(3), 252-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Imran Ade Pratama, Hikmal Maulana Ramadhan, Salsabila Hadi Putri Ningrum, Dana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.