Implementasi Modul Olimpiade SMP Di SMPN 2 Kuripan Lombok Barat
Keywords:
Pengembangan modul, Olimpiade Matematika, Pembelajaran MatematikaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimpelementasikan modul pembelajaran olimpiade matematika bagi siswa SMPN 2 Kuripan. Kebutuhan akan modul ini didasarkan pada rendahnya akses siswa terhadap materi-materi persiapan olimpiade yang terstruktur dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan mereka. Metode yang digunakan dalam pengembangan modul ini meliputi analisis kebutuhan, desain dan pengembangan modul, serta uji coba. Modul ini dirancang untuk mencakup berbagai topik matematika yang sering muncul dalam olimpiade, disertai dengan contoh soal dan pembahasan yang mendalam. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan modul olimpiade matematika ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi olimpiade, serta memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam mengikuti kompetisi. Evaluasi melalui uji coba menunjukkan respon positif dari siswa, dengan peningkatan signifikan pada hasil latihan soal.References
Ariyanti, Gregoria, Resty Rahajeng, and Angga Rahabistara Sumadji. 2019. “Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika Dan IPA Bagi Siswa SMP Di Kota Madiun.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):350–58. doi: 10.31294/jabdimas.v2i2.5667.
Fitri, Haida, Yolanda Rahmi Safitri, Muhammad Yusuf, and Desi Rahmadani. 2024. “Pelatihan Olimpiade Matematika Kepada Perwakilan Peserta Kegiatan Olimpiade Sains Nasional ( OSN ).” Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):48–57.
Pamungkas, Megita Dwi, Yesri Franita, Anisa Solihati, and Bagas Galuh Wicaksono. 2020. “Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.” ProSANDIKA UNIKAL 1(1):35–42.
Prayanti, Baiq Desy Aniska, and Maxrizal Maxrizal. 2021. “PELATIHAN PERSIAPAN OLIMPIADE MATEMATIKA SD BAGI SISWA SD IT AL MANSYUR BALUNIJUK.” Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi) 2(2745–8725):1–5. doi: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v2i2.1326.
Rikizaputra, Rikizaputra, Lufri Lufri, Ali Amran, Asrizal Asrizal, and Hardeli Hardeli. 2021. “Analisis Effect Size Pengaruh Modul Berbasis Sainstifik Pada Pembelajaran Ipa.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 11(1):38–46. doi: 10.24929/lensa.v11i1.161.
Surat, I. Made, I. Komang Sukendra, I. Dewa Putu Juwana, and I. Wayan Widana. 2023. “Pemibinaan Dan Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (Osn) Tingkat Kota Bidang Matematika Bagi Siswa Sma Negeri 7 Denpasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi 3(2):39–47. doi: 10.59672/widyamahadi.v3i2.2979.
Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14(1). doi: 10.15294/edukasi.v14i1.971.
Susanti, Reni Dwi, Mayang Dintarini, Siti Khoiruli Ummah, and Alfiani Athma Putri Rosyadi. 2017. “Workshop Pelatihan Edmodo Dalam Pembimbingan Olimpiade Matematika Smk.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 2(2):176. doi: 10.58258/jupe.v2i2.269.