Implementasi Modul Olimpiade SMP Di SMPN 2 Kuripan Lombok Barat

Authors

  • Lalu Riski Wirendra Putra Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Rendi Bahtiar Pratama Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Gusti Yogananda Karang Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Irwansyah Irwansyah Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • I Gede Adhitya Wisnu Wardhana Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Mamika Ujianita Romdhini Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Abdurahim Abdurahim Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Fariz Maulana Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Rio Satriyantara Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Zata Yumni Awanis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Syaftirridho Putri Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Syifa Salsabila Satya Graha Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Fathul Maulina Wahidah Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Lia Fitta Pratiwi Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Satriawan Pradana Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Ayes Malona Siboro Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Farwan Farwan SMP Negeri 2 Kuripan, Lombok Barat

Keywords:

Pengembangan modul, Olimpiade Matematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimpelementasikan modul pembelajaran olimpiade matematika bagi siswa SMPN 2 Kuripan. Kebutuhan akan modul ini didasarkan pada rendahnya akses siswa terhadap materi-materi persiapan olimpiade yang terstruktur dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan mereka. Metode yang digunakan dalam pengembangan modul ini meliputi analisis kebutuhan, desain dan pengembangan modul, serta uji coba. Modul ini dirancang untuk mencakup berbagai topik matematika yang sering muncul dalam olimpiade, disertai dengan contoh soal dan pembahasan yang mendalam. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan modul olimpiade matematika ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi olimpiade, serta memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam mengikuti kompetisi. Evaluasi melalui uji coba menunjukkan respon positif dari siswa, dengan peningkatan signifikan pada hasil latihan soal.

References

Ariyanti, Gregoria, Resty Rahajeng, and Angga Rahabistara Sumadji. 2019. “Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika Dan IPA Bagi Siswa SMP Di Kota Madiun.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):350–58. doi: 10.31294/jabdimas.v2i2.5667.

Fitri, Haida, Yolanda Rahmi Safitri, Muhammad Yusuf, and Desi Rahmadani. 2024. “Pelatihan Olimpiade Matematika Kepada Perwakilan Peserta Kegiatan Olimpiade Sains Nasional ( OSN ).” Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):48–57.

Pamungkas, Megita Dwi, Yesri Franita, Anisa Solihati, and Bagas Galuh Wicaksono. 2020. “Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.” ProSANDIKA UNIKAL 1(1):35–42.

Prayanti, Baiq Desy Aniska, and Maxrizal Maxrizal. 2021. “PELATIHAN PERSIAPAN OLIMPIADE MATEMATIKA SD BAGI SISWA SD IT AL MANSYUR BALUNIJUK.” Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi) 2(2745–8725):1–5. doi: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v2i2.1326.

Rikizaputra, Rikizaputra, Lufri Lufri, Ali Amran, Asrizal Asrizal, and Hardeli Hardeli. 2021. “Analisis Effect Size Pengaruh Modul Berbasis Sainstifik Pada Pembelajaran Ipa.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 11(1):38–46. doi: 10.24929/lensa.v11i1.161.

Surat, I. Made, I. Komang Sukendra, I. Dewa Putu Juwana, and I. Wayan Widana. 2023. “Pemibinaan Dan Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (Osn) Tingkat Kota Bidang Matematika Bagi Siswa Sma Negeri 7 Denpasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi 3(2):39–47. doi: 10.59672/widyamahadi.v3i2.2979.

Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14(1). doi: 10.15294/edukasi.v14i1.971.

Susanti, Reni Dwi, Mayang Dintarini, Siti Khoiruli Ummah, and Alfiani Athma Putri Rosyadi. 2017. “Workshop Pelatihan Edmodo Dalam Pembimbingan Olimpiade Matematika Smk.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 2(2):176. doi: 10.58258/jupe.v2i2.269.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Putra, L. R. W., Pratama, R. B., Karang, G. Y., Irwansyah, I., Wardhana, I. G. A. W., Romdhini, M. U., … Farwan, F. (2024). Implementasi Modul Olimpiade SMP Di SMPN 2 Kuripan Lombok Barat. SINONIM : SINergi Dan HarmONI Masyarakat MIPA, 1(1), 12–16. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/sinonim/article/view/5517

Issue

Section

Articles