Peningkatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Digital melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 1 Narmada

Authors

Nur Asmita Purnamasari , Putri Candra Damayanti , Yayu Fitriyatul Fu’adah , Ismi Herlina Septiani , Laelatul Fitri , Erlina Sugiarti

Published:

2024-10-31

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2024): Oktober

Keywords:

Literasi, Numerasi, Adaptasi Digital

Articles

Downloads

How to Cite

Purnamasari, N. A., Damayanti, P. C., Fu’adah, Y. F., Septiani, I. H., Fitri, L., & Sugiarti, E. (2024). Peningkatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Digital melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 1 Narmada. SINONIM : SINergi Dan HarmONI Masyarakat MIPA, 1(1), 1–11. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/sinonim/article/view/5507

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Narmada, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan adaptasi digital siswa. Latar belakang dari kegiatan ini adalah rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah serta terbatasnya penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pendampingan dan bantuan kepada siswa dan guru agar dapat meningkatkan keterampilan literasi, numerasi, dan teknologi mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi sekolah dan kebutuhan siswa. Wawancara dilakukan dengan guru, staf sekolah, dan siswa untuk memahami permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Dokumentasi digunakan untuk mencatat seluruh kegiatan selama pelaksanaan program. Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa, yang ditunjukkan melalui perbandingan hasil pretest dan posttest. Selain itu, pelatihan penggunaan aplikasi Canva dan Microsoft Excel berhasil meningkatkan keterampilan adaptasi digital guru dan siswa. Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti kurangnya minat siswa dan keterbatasan fasilitas, program ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan hasil yang positif, diharapkan program ini dapat berlanjut dan memberikan dampak yang lebih luas pada sekolah-sekolah lain yang memiliki permasalahan serupa.

References

Daryanto, E., & Karim, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(1), 45-56. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i1.6789

Rachmawati, S., & Kusuma, H. (2021). Efektivitas Program Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 110-120. https://doi.org/10.33445/jip.v9i2.5890

Nasution, F., & Mulyadi, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(3), 203-215. https://doi.org/10.1234/jpp.v35i3.7890

Wijayanti, A., & Pramono, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa di Era 4.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 28(4), 307-320. https://doi.org/10.21009/jtp.v28i4.4562

Author Biographies

Nur Asmita Purnamasari, Program Studi Statistika, Universitas Mataram

Putri Candra Damayanti, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Yayu Fitriyatul Fu’adah, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mataaram

Ismi Herlina Septiani, Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Laelatul Fitri, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Erlina Sugiarti, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM