Tinjauan Hukum Terhadap Kemampuan Anggota Koperasi Dalam Pelaksanaan Perjanjian Pinjaman Kredit Di Era Pandemi Covid-19

(Studi Di Koperasi Primkoppabri USP Kota Bima)

  • Aditya Billy Kusuma
  • Salim Salim Fakultas Hukum Universitas Mataram

Abstract

Restrukturisasi kredit merupakan salah satu upaya penyelamatan yang dilakukan oleh pihak koperasi untuk memperbaiki kegiatan anggota koperasi yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya karena adanya dampak dari pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terhadap kemampuan anggota koperasi dalam pelaksanaan perjanjian kredit di era pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah Normatif-Empiris yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi, kemudian akan dihubungkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan teori hukum yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan perjanjian kredit mengalami perbedaan dari sebelumnya dikarenakan adanya pandemi covid-19.

References

Buku
Agung Yudha Hernoko, 2011, Hukum Perjanjian Asas Proposionalitas Dalam Kontrak Komersial, Jakarta, Kencana.

I Gusti Agung Wisudawan, 2017, Hukum Koperasi Indonesia, Pustaka Bangsa, Mataram.

Jurnal/ Internet

Amir Hamzah, Dampak Pendemi Covid19 Terhadap Koperasi Kabupaten Kuningan, Jurnal Ekonomi Akutansi dan Manajemen Vol. 1 No.1 Juni 2021.

Ni Made Mirah Dwi Lestari, Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Kreditur Atas Debitur Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Pada Masa Pandemi Covid-19, Vol.3 No. 1. Maret 2022.

Putri Ade Ajeng Eriska, Dkk, Upaya Pencegahan dan Penanganan Kredit Macet Ditinjau dari Persepsi Nasabah” Jurnal Riset Akutansi dan Perpajakan Vol.7 No.2 Desember 2021.

Widya Yuridika, Pandemi Covid-19 Sebagai overmacht Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit di Perbankan, Vol.4. No.2. Desember 2021.
Published
2023-02-02
How to Cite
Billy Kusuma, A., & Salim, S. (2023). Tinjauan Hukum Terhadap Kemampuan Anggota Koperasi Dalam Pelaksanaan Perjanjian Pinjaman Kredit Di Era Pandemi Covid-19: (Studi Di Koperasi Primkoppabri USP Kota Bima). Private Law, 3(1), 60-67. https://doi.org/10.29303/prlw.v3i1.2143

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'