Pendampingan UMKM nekiyuuu dalam Pengembangan Konten Produk Pada E-commerce Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Nick Samudra Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29303/portalabdimas.v2i02.5100

Keywords:

umkm, shopee, pelatihan, digitalisai

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan dalam pertumbuhan dan perekonomian suatu negara. Pada era digital saat ini, akses internet yang luas memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM. Kehadiran media online memungkinkan penyebaran informasi produk dan mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi secara online. Di Desa Sugihwaras, terdapat salah satu UMKM yang dikenal sebagai Nekiyuuu. Tantangan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah keterbatasan pengetahuan pemilik dalam penggunaan aplikasi Shopee serta tidak memiliki logo. Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan penggunaan dan pembuatan konten di Shopee sebagai media promosi. Program ini terdiri dari empat tahapan, yaitu survei, wawancara, pengambilan foto produk, dan pengambilan video. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperluas jangkauan produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut.

Published

2024-12-30

How to Cite

Samudra, N., Rochmaniah, A., & Febriana, P. (2024). Pendampingan UMKM nekiyuuu dalam Pengembangan Konten Produk Pada E-commerce Shopee untuk Meningkatkan Penjualan. Portal ABDIMAS, 2(02), 87–95. https://doi.org/10.29303/portalabdimas.v2i02.5100