MODEL INTEGRATIF KULIAH LAPANGAN DAN CASE-BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO

Penulis

  • Agung Budi Muljono {"en_US":"Universitas Mataram"}
  • Ida Ayu Sri Adnyani Universitas Mataram , Universitas Mataram
  • Muhammad Rivaldi Harjian Universitas Mataram , Universitas Mataram
  • Sabar Nababan Universitas Mataram , Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i3.7922

Kata Kunci:

model integratif, kuliah lapangan, case-based learning, kompetensi mahasiswa, teknologi gardu induk

Abstrak

Kegiatan pembelajaran integratif ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa Teknik Elektro melalui model integratif pembelajaran yang menggabungkan Kuliah Lapangan (field study) dan Case-Based Learning (CBL) dalam mata kuliah Teknologi Gardu Induk. Kompetensi teknis di bidang gardu induk menuntut pemahaman teoritis yang kuat sekaligus kemampuan praktis dalam menyelesaikan permasalahan nyata di lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kunjungan ke gardu induk milik mitra industri serta penyusunan dan penyelesaian studi kasus berbasis situasi lapangan yang sebenarnya. Hasil evaluasi akhir menunjukkan bahwa model ini memberikan dampak signifikan terhadap capaian akademik, dengan 60,2% mahasiswa memperoleh nilai sangat baik, 34,4% baik, dan 5,4% cukup. Selain itu, analisis kuesioner yang terdiri dari 10 indikator menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan 55,357% responden sangat setuju dan 39,285% setuju terhadap efektivitas model pembelajaran ini. Model ini terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran dalam penguatan kompetensi mahasiswa sekaligus sebagai kontribusi nyata pendidikan tinggi dalam membangun sinergi dengan masyarakat dan dunia industri.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MODEL INTEGRATIF KULIAH LAPANGAN DAN CASE-BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO. (2025). Jurnal Pepadu, 6(3), 457-466. https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i3.7922

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>