MEMBANGUN KOLABORASI STRATEGIS DENGAN SMKN 2 GERUNG UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BIDANG ENERGI TERBARUKAN

Penulis

  • Agung Budi Muljono {"en_US":"Universitas Mataram"}
  • I Made Ari Nrartha Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram ,
  • I Made Ginarsa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram ,
  • Sudi Mariyato Al Sasongko Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram ,
  • Sultan Sultan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram ,
  • M Salman Faris Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram ,

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.7509

Kata Kunci:

kolaborasi strategis, energi terbarukan, SMK, literasi energi, keterampilan kejuruan

Abstrak

Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) merupakan salah satu pilar penting dalam mendukung transisi energi nasional yang berkelanjutan. Dalam rangka mendukung hal tersebut, diperlukan peningkatan literasi dan keterampilan generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang memiliki potensi besar sebagai calon tenaga terampil di bidang energi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membangun kolaborasi strategis dengan SMKN 2 Gerung dalam bentuk pelatihan, pendampingan, dan penguatan jejaring mitra. Hasil kegiatan ini didapatkan kesepahaman kegiatan yang disepakati meliputi penyuluhan mengenai energi terbarukan, pelatihan teknis sederhana (seperti desain pembelajaran berbasis PLTS dan pelatihan pengukuran potensi energi terbarukan), serta pendampingan pengembangan proyek berbasis EBT oleh siswa. Serta terjalinnya hubungan kemitraan berkelanjutan antara pihak sekolah dan tim pengabdi. Program ini diharapkan menjadi model kolaboratif yang dapat direplikasi di sekolah-sekolah kejuruan lainnya.

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MEMBANGUN KOLABORASI STRATEGIS DENGAN SMKN 2 GERUNG UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BIDANG ENERGI TERBARUKAN. (2025). Jurnal Pepadu, 6(2), 212-219. https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.7509

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama