PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING EFEKTIF UNTUK PELAKU UMKM DI DESA SENGGIGI, KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.7497Kata Kunci:
Digital Marketing, Marketing Decision Support, UMKM, Desa SenggigiAbstrak
Desa Senggigi merupakan salah satu desa wisata yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, desa ini berada di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Senggigi dikenal dengan pantainya yang indah dan keramahan masyarakatnya. Selain itu, Desa Senggigi memiliki produk-produk lokal yang mendukung kegiatan pariwisata di desa tersebut sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Senggigi. Guna meningkatkan potensi usaha lokal di Desa Senggigi, diperlukan pendampingan kepada pelaku UMKM dengan tujuan memberikan pelatihan strategi Digital Marketing efektif bagi pelaku UMKM setempat. Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial dan e-commerce sebagai sarana pemasaran produk. Metode kegiatan mencakup observasi awal, FGD, pelatihan, praktik langsung, dan pendampingan pasca pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam membuat konten promosi, mengelola akun media sosial bisnis, dan menyusun strategi Digital marketing yang sesuai dengan produk masing-masing dengan pendekatan Marketing Decision Support (MDS). Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan Digital marketing memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas usaha pelaku UMKM dan dapat dijadikan model pengabdian berkelanjutan.