COMMUNITY SERVICE EVALUATION OF TOURISM MARKETING TRAINING AT STATE VOCATIONAL SCHOOL 2 SEKOTONG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i3.5937Kata Kunci:
CIPP, evaluasi, pemasaran pariwisata, pariwisataAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat (PkM) merupakan salah satu program Tri Dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen. Program Studi Ilmu Komunikasi Unram melaksanakan kegiatan PkM pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 di SMK Negeri 2 Sekotong dengan judul “Pelatihan Manajemen Sosial Media untuk Meningkatkan Kompetensi Pemasaran Pariwiasta di SMK Negeri 2 Sekotong”. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menjelaskan persepsi mitra terhadap proses pelaksanaan kegiatan PkM melalui model Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Metode kuantitatif deskriptif yang digunakan menggambarkan hasil evaluasi proses pelaksanaan kegiatan PkM. Tidak ada perlakuan, manipulasi, atau perubahan data pada variabel bebas. Sampel dari evaluasi ini adalah 30 orang siswa siswi SMK Negeri 2 Sekotong yang mengikuti kegiatan PkM. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada peserta Hasil analisis data menunjukkan evaluasi pelaksanaan kegiatan PkM oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram melalui Context, Input, Process, dan Product (CIPP) mencapai rata-rata gabungan sebesar 87% dan termasuk dalam kriteria Sangat Sesuai dengan keinginan mitra. Oleh karena itu, kegiatan ini perlu dijaga kualitasnya pada aspek CIPP atau ditingkatkan lebih lanjut pada kegiatan PkM berikutnya.