MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA MELALUI PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY

Penulis

  • Mustamin Anggo Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO , Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO
  • La Misu Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO , Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO
  • Kadir Kadir Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO , Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO
  • Mustika Kurniasari Jurusan PGSD FKIP UHO , Jurusan PGSD FKIP UHO

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.5901

Kata Kunci:

kualitas pembelajaran, lesson study

Abstrak

Bagi siswa, pembelajaran berkualitas diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan penguasaan IPTEK. Bagi guru, pembelajaran berkualitas diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan peningkatan karier. Tulisan ini dibuat untuk mendorong usaha perbaikan kualitas pembelajaran melalui Lesson Study. Pilihan terhadap Lesson Study didasari oleh kesadaran bahwa perbaikan pembelajaran hanya mungkin mencapai hasil optimal bila dilakukan secara bersama berkolaborasi dalam suatu tim untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Kegiatan ini dilaksanakan secara Bersama antara guru, dosen, dan mahasiswa. Hasilnya adalah pembelajaran dapat berjalan dengan sangat baik yang ditunjukan tingginya partisipasi siswa serta meningkatnya kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang diberikan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Lesson Study menjadikan guru dapat terlibat secara aktif dalam memecahkan masalah pembelajaran yang dialaminya serta dapat saling mendukung antar sesama guru untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas.

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA MELALUI PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY. (2025). Jurnal Pepadu, 6(2), 197-204. https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.5901