MEMBANGUN KOLABORASI STRATEGIS DENGAN SMKN 2 GERUNG UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BIDANG ENERGI TERBARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i2.7509Keywords:
Strategic collaboration, renewable energy, Vocational High School, Energy literacy, Vocational skillsAbstract
Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) merupakan salah satu pilar penting dalam mendukung transisi energi nasional yang berkelanjutan. Dalam rangka mendukung hal tersebut, diperlukan peningkatan literasi dan keterampilan generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang memiliki potensi besar sebagai calon tenaga terampil di bidang energi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membangun kolaborasi strategis dengan SMKN 2 Gerung dalam bentuk pelatihan, pendampingan, dan penguatan jejaring mitra. Hasil kegiatan ini didapatkan kesepahaman kegiatan yang disepakati meliputi penyuluhan mengenai energi terbarukan, pelatihan teknis sederhana (seperti desain pembelajaran berbasis PLTS dan pelatihan pengukuran potensi energi terbarukan), serta pendampingan pengembangan proyek berbasis EBT oleh siswa. Serta terjalinnya hubungan kemitraan berkelanjutan antara pihak sekolah dan tim pengabdi. Program ini diharapkan menjadi model kolaboratif yang dapat direplikasi di sekolah-sekolah kejuruan lainnya.