Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Bidang Pariwisata Dengan Pendekatan Analisis SWOT di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat

Authors

  • Jurnal Pepadu
  • Lukman Hakim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Suprianto Suprianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Ihsan Ro’is Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i2.2187

Keywords:

Perencanaan pembangunan pariwisata desa, RPJMdes, RKPdes, Analisa SWOT

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan penyusunan perencanaan pembangunan di
Desa Sesaot didasarkan pada temuan tugas lapangan oleh mahasiswa yang melakukan survei di desa
tersebut. Para perencana desa mengalami kesulitan dalam menyusun perencanaan pembangunan. Obyek
pelatihan menyusun perencanaan mengambil setting pariwisata karena Desa Sesaot memiliki beragam
obyek wisata yang sudah dikenal luas. Pendekatan yang digunakan adalah Analisa SWOT. Tujuan
pelatihan adalah dihasilkannya dokumen untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan perencanaan
program pembangunan desa. Sasarannya adalah Tim Penyusun RKPdes, dan beberapa Kepala Dusun
perwakian. Pelatihan diselenggarakan pada 15-16 Agustus 2020. Lokasi pelaksanaan di Aula Kantor
Desa. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya-jawab, dan mengisi angket
pada saat sebelum dan setelah penyamaian materi berakhir, dan simulasi penyusuan RKPdes. Kegiatan
pelatihan dibagi dalam dua tahap, yaitu menyajian materi dan simulasi. Pada tahap simulasi, langkahlangkah yang dilakukan peserta dalam penyusunan perencanaan adalah : (1) Mengidentifikasi jenis
obyek wisata yang ada, (2) Menentukan interval kelas, (3) Menghitung mean SWOT, (4) Mencari indeks
skor SWOT, (5) Menyusun Matrix Grand Strategy, (6) Merumuskan strategi pengembangan pariwisata.
Simulasi menghasilkan indeks skor SWOT, S = 2,493627; W = 0,902665; O = 2,161821; dan T =
0,730721. Dengan demikian dapat diketahui koordinat titik pada Matrix Grand Strategy, yaitu S – W =
1,590962, dan O – T = 1,4311: berada di kuadran pertama. Jadi strategi yang diperlukan untuk
pengembangan pariwisata adalah strategi ‘agresif’ (growth oriented strategy).

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Bidang Pariwisata Dengan Pendekatan Analisis SWOT di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat. (2021). Jurnal Pepadu, 2(2), 203-209. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i2.2187

Most read articles by the same author(s)

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>